Notification

×

Iklan ok

Peringati Hari HARKANNAS, Dinas DKP Aceh Gelar Perlombaan Memasak

Jumat, 26 November 2021 | 19.54 WIB Last Updated 2021-11-26T12:54:58Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Inovasi - inovasi makanan selama ini beragam dan diharapkan meningkatnya produk UMKM serta minat masyarakat gemar mengkonsumsi ikan.

Walau saat ini masih ada masyarakat tidak mau konsumsi ikan disebabkan banyak hal seperti rasanya yang anyir, takut tertusuk duri, atau cara pengolahan yang rumit, atau budaya yang tidak terbiasa makan ikan protein dan asam lemak omega3. 

Selain itu kandungan lemak jenuhnya juga rendah sehingga baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang melakukan diet. Ditambah kandungan vitamin dan mineral didalamnya terbilang sengat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Aliman Selian S.Pi, M.Si pada media ini mengatakan, hari dalam rangka memperingati hari ikan nasional (HARKANNAS), kita melakukan kegiatan masak - memasak dengan tema "IBU HEBAT".

Hari ikan ditetapkan melalui Kepres tanggal 21 November disetiap tahun tetapi, peringatan kali ini tanggal 25 November 2021.

Dalam rangka memperingati hari ikan DKP Aceh melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat Leupung berupa pembagian sertifikat halal untuk mengolah ikan,  pembacaan literasi ataupun cerita tentang ikan kepada anak-anak sekolah PAUD nelayan dan beberapa rangkaian lainya.

Kemudian kampaye gemar makan ikan sehingga pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan serta menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai pendapatan keluarga.

Apalagi angka konsumsi ikan di Aceh tercatat terus mengalami peningkatan dimana konsumsi ikan ditahun 2021 mencapai 63,33 kg/kapita/tahun.

Jumlah tersebut naik dari 59,5 kg/kapita/tahun ditahun 2020. Namun demikian pihaknya terus mendorong dan menghimbau kepada masyarakat dan anak-anak agar gemar makan ikan ikan.

Terlebih lagi mengkonsumsi Ikan kepada anak-anak dapat mencegah stunting, salah satu program pemerintah aceh dalam program ACEH HEBAT. (*)

Wartawan : Tika Fitri Lestari
×
Berita Terbaru Update