Notification

×

Iklan ok

Era Digital, Siswa SDN3 Ulim Gunakan Android Ikut Ujian

Senin, 06 Desember 2021 | 15.23 WIB Last Updated 2021-12-06T10:18:10Z



Gemarnews.com, Pidie Jaya - Pelaksanaan ujian menggunakan komputer di sekolah mungkin sudah biasa. Namun, berbeda halnya dengan menggunakan android. Hal itulah yang dilakukan oleh SDN 3 Ulim, Senin (6/12/2021) melaksanakan Ujian Semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022.

Ujian berbasis android untuk para pelajar ini dilakukan seiring dengan makin banyaknya penggunaan media telekomunikasi, berupa ponsel android di kalangan pelajar.

Untuk pertama kalinya, ujian berbasis android ini digelar. Dimulai dari 6 - 11 Desember 2021.

Ketua Panitia ujian Siti Zahara, mengatakan pelaksanaan ujian semester ganjil berbasis android sangat mempermudah peserta didik dalam mengerjakan soal.

Disisi lain mampu memberi edukasi kepada siswa tentang pemanfaatan Android yang dimilikinya untuk hal-hal positif. Untuk ke depannya sistem pelaksanaan ujian semester berbasis android ini akan terus diterapkan dan tetap mengikuti perkembangan  di era digital saat ini.

"Ujian berbasis android ini sangat tepat dilaksanakan, selain untuk menghindari kecurangan pada saat ujian, pelaksanaan ujian android juga dapat memudahkan siswa dalam menjawab soal. Siswa hanya menekan salah satu jawaban yang dianggap benar”, Dalam pelaksanaan ujian ini, kita tetap perhatikan protokol kesehatan (Prokes) dalam masa pandemi covid 19 ini, ungkap Siti. 

Soal yang kita berikan dalam bentuk Pilihan Ganda, Pilihan ganda Kompleks, Menjodohkan, isian atau jawaban singkat, dan essay atau uraian. Soal tersebut disusun oleh masing masing wali kelas dan guru bidang studi dan telah divasilidasi.

Sedangkan kelas I,II,III, IV dan V  melaksanakan ijian berbasis kertas dan pensil.

"Kami memanfaatkan aplikasi yang kita kembangkan, sehingga siswa dapat lansung melihat hasil ujian nya dan  melalui fitur ini akan memudahkan dalam pelaksanaan dan pemerosesan hasil ujian. Guru mata pelajaran akan segera mendapat hasil ujian dan menentukan tindak lanjutnya”, ujar Eka Zahara selaku ptoktor sekolah.

Kita berkomitmen dan mendukung terus kemajuan Sekolah  menuju SDN 3 Ulim yang  Unggul berbasis Digital dengan harapan satu persatu sarana pendukung akan ditambah dan dilengkapi seperti Wifi di setiap angkatan kelas serta pengadaan komputer dan juga peningkatan keterampilan guru dalam pemanfaatan teknologi”, ujar Kepala SDN 3 Ulim, Mukhlish, kepada Gemarnews.com, saat menyambangi kesekolah.

Ujian berbasis android ini merupakan manifestasi dari profil pelajar Pancasila yaitu dimensi mandiri, pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

"Kedepan nya semua kegiatan termasuk ujian akan kita laksanakan secara komputerisasi, ini penting , kita menginginkan lulusan yang cakap khususnya literasi digitalisasi. Pelan pelan kita akan meninggalkan era konvensional menuju digitalisasi tadi." 

Ujian Semua kegiatan yang dilaksanakan di SDN 3 Ulim bermuara kepada konsep merdeka belajar dan membentuk peserta didik yang literat dan Numerat menghadapi kecakapan abad 21. (*)

×
Berita Terbaru Update