Notification

×

Iklan ok

Rizki Maulizar Berkunjung Ke wisatawan Air Terjun Ponot Tertinggi di Sumatera Utara Hampir Dua Kali Monas

Selasa, 07 Desember 2021 | 10.04 WIB Last Updated 2021-12-07T03:04:56Z

Gemarnews.com, Asahan - Jika kalian berkunjung ke Sumatera Utara, pasti kita tidak asing lagi dengan pemandangan Air Terjun Sipiso-piso atau Air Terjun Sigura-gura, dua air terjun yang dikenal sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Padahal ada Air Terjun Ponot yang juga tak kalah terkenal dengan air terjun tertinggi di Indonesia.

Rizki Maulizar Mengatakan Air Terjun Ponot kerap dipakai untuk menunjukkan Sipiso-piso atau Sigura-gura. Sehingga tak sedikit orang yang juga masih kebingungan membedakan tiga air terjun tersebut.

Air terjun yang terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, ini menjulang setinggi sekitar 250 meter. Kalau masih ragu dengan ketinggiannya, cobalah bandingkan dengan tinggi Monumen Nasional (Monas) yang "hanya" 132 meter.

Air Terjun Ponot bisa diakses dari tiga tempat, yakni dari Porsea di Kabupaten Tobasa, Pematang Siantar di Kabupaten Simalungun, dan Ranto Parapat di Kabupaten Asahan.

Dari Kota Medan sendiri, wisatawan biasanya menempuh waktu sekitar 6 jam perjalanan darat.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Ponot banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Jika melalui kawasan Parapat, panorama Danau Toba jadi sajian utamanya.

Sesampai di area wisata Air Terjun Ponot, wisatawan bakal disambut dengan gapura besar. Wisatawan masih harus berjalan kaki sekitar 500 meter untuk bisa sampai ke bibir air terjun.

Air Terjun Ponot berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan. Letaknya berada di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

Pemandangan khas dari lokasi ini ialah air terjun yang banyak dirimbuni oleh pepohonan hijau. Tak jauh dari air terjun Ponot, terdapat sejumlah air terjun kecil yang juga bisa dipandangi.

Aliran Air Terjun Ponot bukan tipe vertikal langsung jatuh, melainkan ada dua hingga tiga tingkatan yang mempercantik tetesan air.

Kucuran air yang jatuh ke batu menyebarkan percikan bak embun yang langsung membuat hawa terasa sejuk. Banyak wisatawan yang berfoto di sekitar bebatuan tersebut.

Jika sempat datang ke Air Terjun Ponot, jangan lupa basuh muka dengan airnya, niscaya langsung terasa kesejukannya sampai sanubari.

Tapi ingat, perhatikan aturan berkunjung dari pengelola, sehingga wisata alam di sini tak membahayakan diri. (*)

CutRicky/Red
×
Berita Terbaru Update