Notification

×

Iklan

Iklan

Abrasi Sungai,satu unit Rumah Warga keude Blang Nyaris Ambruk

Sabtu, 08 Januari 2022 | 18.05 WIB Last Updated 2022-01-08T11:06:10Z
Dok foto:Plt camat Idi Rayeuk M.Hasbi SE saat meninjau lokasi rumah warga yang nyaris ambruk akibat abrasi sungai.


Gemarnews com.Aceh Timur–Satu unit rumah milik Ismail di Dusun Meuligoe,Desa Keude Blang, Kecamatan Idi Rayeuk,Kabupaten Aceh Timur, nyaris ambruk akibat abrasi sungai, Sabtu (8/1/2022).
Dok foto:plt camat Idi Rayeuk M.Hasbi bersama kepala desa keude Blang Usman Musa.


Plt camat Idi Rayeuk M.Hasbi SE di dampingi KASI PMG Edi Saputra serta kepala desa (Keuchik) Gampong Keude Blang Tgk Usman Musa saat meninjau lokasi  mengatakan abrasi tersebut diakibatkan derasnya hujan beberapa hari yang lalu sehingga aliran air  membuat sungai meluap dan merobohkan tanah pada sisi sungai.

Menurut Hasbi, longsor dibibir sungai atau abrasi tersebut terjadi setelah hujan berintensitas tinggi mengguyur Kabupaten Aceh Timur yang menyebabkan debit sungai tinggi sehingga terjadi erosi dan mengakibatkan rusaknya rumah warga.Pengikisan abrasi sungai mencapai+- 12 meter.

"Akibat abrasi yang terjadi pukul 2:00 WIB pagi, mengakibatkan kerusakan pada bagian belakang rumah Ismail.

Lanjutnya Hasbi juga mengatakan berdasarkan laporan awal kepala desa  baru ada satu unit rumah yang terdampak abrasi tersebut.

"Alhamdulillah, tak ada korban jiwa.Kami juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mencari solusi mengenai abrasi sungai ini.

"Kita menghimbau kepada masyarakat yang rumahnya berada di pinggiran sungai untuk selalu waspada.pungkas plt camat Idi Rayeuk Hasbi.

Sementara keluarga Ismail berharap kepada pemerintah daerah agar abrasi pada sungai kami bisa teratasi,kami khawatir sewaktu-waktu abrasi tersebut akan menjadi lebih besar.(Ddi/Zoel).
×
Berita Terbaru Update