Notification

×

Iklan

Iklan

Dewan Da'wah Kota Langsa Salurkam Bantuan Sembako Bagi Korban Banjir

Selasa, 11 Januari 2022 | 06.40 WIB Last Updated 2022-01-10T23:40:34Z
Gemarnews.com, Langsa - Berangkat dari rasa kepedulian dan wujud nyata dari kasih, Dewan Da'wah Kota Langsa, mengadakan bakti sosial berupa pemberian paket bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir tersebut.

Dewan Da'wah Kota Langsa melalui bantuan para Muhsinin dan pengurus Dewan Da'wah Kota Langsa tergerak untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir di Kota Langsa. Melihat cukup banyaknya wilayah yang terdampak banjir membuat Dewan Da'wah Kota Langsa harus fokus memilih salah satu diantaranya, dan tim di  lapangan memfokuskan untuk menyalurkan bantuan di gampong Meurandeh dan gampong Teungoh kota Langsa.

Sekretaris Dewan Da'wah Kota Langsa, Afrizal Refo, MA, di dampingi Wakil Sekretaris, Muhammad Firdaus, Lc, M.Sh, dan Bendahara Dewan Da'wah Kota Langsa, Syawaluddin Ismail, Lc.,MA, turut serta pada acara penyerahan secara simbolis paket bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kota Langsa Provinsi Aceh pada Senin (10/01/2022).

"Semoga bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban bagi saudara-saudari yang terdampak bencana banjir," pesan Sekjen Dewan Da'wah Kota Langsa Afrizal Refo, MA.

Dewan Da'wah Kota Langsa menyalurkan bantuan bagi korban banjir Kota Langsa. Bantuan diserahkan langsung kepada masyarakat yang berdampak banjir di gampong Meurandeh Kecamatan Langsa Lama dan gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota . Keduanya menjadi daerah yang paling terdampak bencana.

Dukungan bersama dari seluruh pengurus Dewan Da'wah Kota Langsa merupakan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat terdampak. Tentunya untuk sedikit meringankan beban para korban banjir," tambah Afrizal Refo yang juga Dosen IAIN Langsa saat dikonfirmasi di lokasi penyerahan di gampong Meurandeh dan gampong Teungoh Kota Langsa.

Sementara itu, Ketua Dewan Da'wah Kota Langsa, Dr. Iskandar Budiman, MCL menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial semacam ini berupa pemberian bantuan bagi korban banjir sangat baik untuk dilakukan dan beliau mengucapkan ribuan terimakasih kepada semua pihak para Muhsinin dan pengurus Dewan Da'wah Kota Langsa yang ikut berpartisipasi untuk membantu meringankan beban masyarakat yang berdampak banjir di kota Langsa, tegasnya. 

Adapun bantuan sembako ini diangkut ke lokasi kejadian menggunakan mobil milik salah satu pengurus Dewan Da'wah Kota Langsa.

Ustadz Syawaluddin Ismail, Lc., MA, Bendahara Dewan Da'wah Kota Langsa menyampaikan bahwa uang yang terkumpul sebanyak Rp.1.050.000 melalui donasi yang dibuka sejak tanggal 4 Januari 2022 sampai 7 Januari 2022, digunakan bantuan tersebut yang diserahkan berupa sembako yang berisi kebutuhan pokok. Diantaranya beras kemasan 5 kg sejumlah 10 karung, minyak goreng kemasan 1 liter sejumlah 10 Pack, mie instan sejumlah 50 bungkus, dan gula pasir sejumlah 10 kg.

 “Alhamdulillah saat bantuan tiba di lokasi, mereka menyambut baik. Sembako tersebut kemudian dibagikan secara langsung kepada masyarakat gampong Meurandeh dan gampong Teungoh warga korban banjir, karena memang banyak dari mereka yang terkena imbas banjir,” tambah Syawaluddin.

Selain Gampong Meurandeh, bantuan juga diserahkan kepada masyarakat terdampak banjir di Gampong Teungoh. Adapun Penyerahan dilakukan di Taman Pendidikan Al-qur'an Zaqiyatul Husna dan diterima langsung oleh sejumlah Masyarakat Gampong Meurandeh dan juga diserahkan langsung di rumah korban banjir di Gampong Teungoh.

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi telah menyebabkan banjir pada sejumlah titik di Kota Langsa pada hari Jum'at, 31 Desember 2021. Dari hasil pantauan diketahui bahwa hujan yang terjadi sejak tanggal 31 Desember 2021 sampai tanggal 1 Januari 2022 mencapai 80 cm sampai 1,5 meter secara kumulatif.

Selain itu, dari aliran air banjir yang terlihat di badan sungai diketahui membawa dampak yang cukup besar erosi banjir yang cukup tinggi. Erosi disini membuat tanah terkikis oleh banjir sehingga menyebabkan badan jalan semakin kecil dan harus segera diantisipasi untuk segera diperbaiki.

Bantuan bagi para korban terdampak banjir diterima langsung oleh sejumlah warga gampong Meurandeh yang daerah tempat tinggalnya berdekatan langsung dengan sungai. 

Ustaz Aji Permadi sebagai Imam di gampong tersebut menyampaikan, kejadian bencana itu menjadi kedukaan bersama. "Ini jadi duka bersama dan sudah sepatutnya kita bahu membahu untuk membantu para korban terdampak," katanya.

Ustaz Aji Permadi juga mengatakan,  “Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur, semoga amal baik diganjar berlipat lipat dari Allah SWT, pungkasnya. (*)
×
Berita Terbaru Update