Notification

×

Iklan ok

Mengundurkan Diri dari Ketua CCIA, Yudya: Tokopika Butuh Penyegaran

Selasa, 18 Januari 2022 | 20.53 WIB Last Updated 2022-01-18T14:12:17Z
Dok.Foto: Yudya Pratidina, S.Ds (Ist)

GEMARNEWS.COM, BLANGPIDIE - Yudya Pratidina, S.Ds yang merupakan Ketua Central Creative Industries of ABDYA (CCIA) berdasarkan SK Bupati Aceh Barat Daya Nomor 412 Tahun 2020, minggu lalu mengajukan pengunduran diri dari kepengurusan.

Berdasarkan SK Bupati ABDYA nomor 768 tahun 2020, CCIA yang dahulu dipimpinnya merupakan pengelola Aplikasi TOKOPIKA milik PEMKAB ABDYA yang dibangun dengan nilai kontrak 1,32 Milyar. Aplikasi ini merupakan e-commerce produk UMKM.

Yudya mengundurkan diri dikarenakan beberapa alasan, diantaranya SK sudah satu tahun. Alasan lain menurutnya, yaitu agar terjadi penyegaran di komunitas yang dahulu dipimpinnya itu.

“SK sudah satu tahun. Lagipula perlu adanya penyegaran pengurus agar tercipta suasana CCIA yang baru, demikian sudah saya sampaikan ke kadis, dan kadis setuju.” Terangnya.

Namun, disisi lain ketika dirinya mengutarakan hal tersebut kepada Bupati ABDYA. Maka, Bupati ABDYA merasa keberatan. Sebab, dirinya dinilai memiliki pengetahuan, gagasan, dan jaringan yang cukup baik. 

“Saya sudah sampaikan permohonan maaf kepada Bapak Bupati perihal ini. Beliau nampaknya keberatan. Sebab, bagaimanapun saya sudah lama bersama dengan beliau membina CCIA.” Jelasnya.

Kendati demikian, jika diperlukan dirinya bersedia untuk membantu Bupati ABDYA mengelola TOKOPIKA dan CCIA secara profesional.
 
Namun, jika seandainya diperlukan adanya pengelola baru. Maka, menurut Yudya, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. ABDYA dinilai cocok mengisi kekosongan sebagai Ketua CCIA.

“Kita salut punya Kadis yang bersemangat seperti Pak Amri, maka ia saya rasa cocok jadi ketua CCIA, bupati ABDYA dapat menunjuk beliau dengan skema UPTD, misalnya.” Tutupnya.

Yudya Pratidina, S.Ds telah menjabat selama 2 tahun. Selama menjabat Yudya telah mengelola TOKOPIKA sehingga digunakan oleh 700 lebih pengguna, diantaranya 200 lebih toko aktif yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, pengelolaan Tokopika mendapat apresiasi dari DPRK ABDYA. Tidak hanya itu, Yudya bersama mitranya turut aktif bergerilya mempromosikan TOKOPIKA hingga ke berbagai daerah salah satunya di Pulau Weh, Sabang melalui Kegiatan Expo yang diadakan disana. Pada saat itu, CCIA memperoleh Piagam Penghargaan atas partisipasinya sebagai salah satu peserta expo. 

Menurut penuturannya, TOKOPIKA juga banyak mendapatkan tawaran kerja sama baik melalui lisan atau WA yang disampaikan kepadanya. Namun sayang, sepertinya kerjasama-kerjasama itu harus dibatalkan sebab dirinya sudah tidak lagi menjabat di CCIA.

Selain itu, dirinya juga pernah melibatkan sejumlah Tokoh Nasional dalam mempromosikan TOKOPIKA, diantaranya seperti Ustadz Abdul Somad dan Ust. Hanan Ataki. Bahkan diawal launching TOKOPIKA, anggota DPRA dan DPR RI juga sempat memberi ucapan selamat bagi Aplikasi E-Commerce UMKM tersebut. (Rls-Red)

Publish : Teuku Rahmat
×
Berita Terbaru Update