Notification

×

Iklan ok

PRC Lakukan Survei Capres 2024 di Provinsi Aceh

Rabu, 12 Januari 2022 | 16.29 WIB Last Updated 2022-01-12T09:29:48Z
Dok Foto : Ist

Gemarnews.com, Banda Aceh – Politik Research & Consulting (PRC) bersama Parameter Politik Indonesia (PPI) sebagai salah satu lembaga survei yang kredibel dan berkomitmen terhadap pertumbuhan demokrasi di Indonesia melakukan Survei Key Opinion Leader (KOL) terhadap figur kandidat pemimpin Indonesia masa depan mulai tanggal 10 - 20 Januari 2022, ucap Tarmizi, Rabu (12/01/2022) di Banda Aceh. 

Tarmizi, Peneliti Politika Research and Consulting mengatakan akan melakukan wawancara dalam survei Key Opinion Leader (KOL) 2022 di Provinsi Aceh. Survei ini dilakukan untuk memotret aspirasi publik berkaitan dengan agenda regenerasi kepemimpinan Indonesia masa depan. 

Narasumber dalam survei KOL diambil berdasarkan kategorisasi enam unsur, meliputi perguruan tinggi, media massa, dunia usaha, ormas keagamaan, institusi budaya, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat. 

“Ada 6 tokoh di Aceh terpilih sebagai Narasumber survei Survei Key Opinion Leader (KOL)”, ucap Tarmizi. 
Empat orang tokoh tepilih sebagai Narasumber survei telah dilakukan interview yaitu: Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPI.,ASEAN .Eng, sebagai Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh dari unsur tokoh perguruan tinggi,  Tgk H Faisal Ali, sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh dari unsul ulama Aceh.

Rosi Malia sebagai Ketua DPD Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Provinsi Aceh dari unsur perempuan pengusaha di Aceh.

Kemudian Hendro Saky, sebagai Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh dari unsur tokoh media massa.
 
“Sisanya dua orang tokoh masih dalam konfirmasi yaitu tokoh perempuan dan tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)”, ucap Tarmizi. 

Survei KOL ini memiliki segmentasi yang berbeda dibandingkan dengan survei opini publik, sehingga survei KOL akan menghasilkan suatu simpulan mengenai figur yang paling layak menjadi capres 2024. 

Selain itu, hasil survei KOL dapat memperkuat temuan hasil survei opini publik atau sebaliknya, yaitu kecenderungan pendapat tokoh berbeda dengan pendapat publik.

Pengambilan keputusan akan lebih objektif apabila memadukan pendapat publik yang selama ini sering diekspos dengan pendapat tokoh.

“Dalam survei ada 11 figur yang di lihat tingkat elaktabilitas sebagai figur kandidat pemimpin Indonesia masa depan di mata para tokoh di Aceh”, terang Tarmizi.

Berikut nama yang di survei  sebagai calon presiden 2024 yaitu Agus Harimurti Yudhoyono, Airlangga Hartanto, Andika Prakasa, Anies Rasyid Baswedan, Erick Thohir , Ganjar Pranowo, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani , Ridwan Kamil, Sandiago Salahuddin Uno, ucap Tarmizi. []

Wartawan : Bahagia Ishak
×
Berita Terbaru Update