Notification

×

Iklan

Gandeng PWI Aceh, Unida Buka Kran Program Beasiswa

Senin, 21 Februari 2022 | 21.15 WIB Last Updated 2022-02-21T14:15:27Z

Dok.foto : Mahasiswa UNIDA Kampus Lamteuba menyerahkan karya Bonsai Kelapa kepada Rektor Unida, Prof. Syafei Ibrahim. 



GEMARNEWS.COM , BANDA ACEH – Kabar gembira bagi anak-anak Aceh yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun terkendala biaya. Tak perlu kecewa, karena Universitas Iskandar Muda (Unida) Banda Aceh membuka kesempatan kuliah dengan program beasiswa yang menawarkan berbagai keunggulan.

“Program yang berasal dari aspirasi anggota DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal ini dikhususkan untuk anak-anak Aceh non-PNS maupun TNI/Polri. Dalam pelaksanaannya kita gandeng PWI Aceh untuk bekerjasama,” kata Rektor Unida Banda Aceh, Prof. Dr. Syafei Ibrahim, MSi didampingi Wakil Rektor 3, Dr. Bustamam Ali, M.Pd pada pertemuan dengan Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin, dua hari lalu.

Bustamam Ali menyebutkan, program beasiswa yang dibuka oleh Unida kali ini memiliki beragam keunggulan, karena terbuka untuk masyarakat biasa yang termasuk di dalamnya anak-anak wartawan anggota PWI.

“Menurut penelusuran kami, banyak anak-anak wartawan yang memiliki kemauan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun orangtua mereka tak punya kemampuan secara ekonomi. Ini kesempatan bagi mereka,” ujar Bustamam Ali yang duduk sebagai Dewan Penasehat PWI Aceh.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin mengapresiasi pihak Unida Banda Aceh—termasuk anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal—yang telah secara sungguh-sungguh memperjuangkan kesempatan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk bisa memasuki pendidikan tinggi.

“Peluang ini juga harus direbut oleh anak-anak wartawan anggota PWI,” kata Nasir.

Menurut Ketua PWI Aceh, pihaknya akan mensosialisasikan program ini dan sekaligus mendata anak-anak wartawan anggota PWI yang akan masuk jenjang pendidikan tinggi. 

“Semoga mereka bisa memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya,” kata Nasir Nurdin.

Terkait kerja sama PWI Aceh dengan Unida Banda Aceh, menurut Bustamam Ali akan segera dibuat MoU-nya dan akan ditandatangani oleh masing-masing pihak.

“Kalau memungkinkan kita teken MoU di Sabang dengan mengundang Bu Illiza,” kata Bustamam.

Program beasiswa yang akan dikucurkan itu terbuka bagi anak-anak kelas III SMA tahun ini (2022) atau yang tamat setahun lalu.

Besaran beasiswa yang ditanggung mencapai Rp 2,4 juta per mahasiswa per semester. 

Selain itu, juga ditanggung biaya hidup Rp 7,5 juta per semester yang dikirim langsung ke rekening mahasiswa bersangkutan.

“Salah satu persyaratan agar beasiswa berlanjut adalah prestasi yang dibuktikan antara lain dengan meningkatnya IP setiap tahun,” ujar Bustamam Ali dengan menambahkan dalam waktu dekat akan diumumkan berbagai persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon penerima beasiswa. “Ya, segera kita umumkan,” tandasnya.

Miliki 12 Prodi

Rektor Unida, Prof. Dr. Syafei Ibrahim, MSi menambahkan, hingga saat ini perguruan tinggi yang dipimpinnya memiliki lima fakultas dengan 12 prodi.

Rinciannya, Fakultas Fisipol (Prodi Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, dan Sosiatri/Pembangunan Sosial).

Fakultas Teknik (Prodi Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin).

FKIP (Prodi PGSD, Matematika, dan Bahasa Inggris).

Fakultas Pertanian memiliki satu prodi yaitu Agro Teknologi). Sedangkan Fakultas Syariah Ekonomi Islam dua prodi yaitu Hukum Keluarga dan Perbankan Syariah.

“Untuk S2, Unida memiliki Program Pascasarjana Ilmu Administrasi,” kata Prof. Syafei. ( * ) 
 



×
Berita Terbaru Update