Notification

×

Iklan

Pemuda dan Media

Senin, 07 Februari 2022 | 11.02 WIB Last Updated 2022-02-07T04:02:54Z

Oleh : Musliadi

Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh


Gemarnews.com, Opini - Di era sekarang serba maju, dulu kita melihat Media atau berita melalui TV atau melalui koran. Seirin perkembangan zaman dan pengetahuan sekarang kita bisa membaca berita di tangan kita sediri yaitu melalui semarhpone. 

Kemajuan teknologi sangat cepat pada masa sekarang bahkan hampir semua serba online seperti, kerja, pendidikan, pesanan makan, minuman, dan banyak hal yang bisa dilakukan dengan Semarhpone anda sendiri dengan hanya menklik anda bisa meakses apun yang ingin di ketahui. 

Pada era sekarang anak muda menjadi peran utama sebagai agen perubahan, anak muda Indonesia menjadi penurus bangsa yang akan datang. Sebagai anak muda harus mempunyai tekat membangun dan berpartisipasi dalam masyarakat dan juga harus bisa menyelesaikan masalah dalam kehidupan sosial. 

Pemuda Indonesia harus pandai dan bijak dalam mengunakan media karena sebagai agen perubahan, maka dari sekarang harus berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakat, buka hanya menikmati hidup dengan modal bermalas-malasan dan mendengarkan motivasi saja “tidak ada tidakan maka tidak ada hasil” mulai dari sekarang generasi muda harus di bentuk dan membangun  kepedulian sosial sejak dini. 

Ingin menlihat kemajuan terhadap anak muda harus di mulai dari peran orang tua dan pengajaran yang harus jadi awal pembelajaran mereka dalam membentuk karakter sosial terhadap mereka, dari perkenalan keluarga, lingkungan, kerabat, teman, komunikasi dengan benar dan sebagai. 

Pengunan media dengan sangat bijak di perlukan sekarang, positif dan negatif selalu ada di setiap sisinya tergantung siapa pengunanya, kalau mengunakan hal positif makan yang terjadinya pasti positif tetapi bila di gunakan negatif yang terjadi akan negatif. 

Sikap dalam mengunakan media dengan baik diperlukan agar tidak banyak berita atau Media yang menyampaikan pesan atau kesan yang buruk (negatif) kalau terus menerus terjadi hal ini akan menjadi kerusakan bagi anak muda dan kerusakan pada anak muda akan berdampak untuk kemajuan dan berkembang sebuah negara. 

Media pada masa sekarang manjadi penting bagi setiap individu dan negara, karena media bisa mengubah pola pikir manusia itu sendiri, karena banyak orang yang mulai menjadi semarphone sebagai teman dan media menjadi tempat curhat nya di saat sendiri. Makan harus banyak pembelajaran yang mengunakan media dengan baik dan benar. Supaya hal negatif tidak mendekati oleh anak muda. 

Merusak anak muda sangat gampang apa lagi yang tidak berpendidikan, pada zaman sekarang smartphone menjadi teman baik bagi setia individu. Kita banyak mendengar dan melihat isu-isu yang beredar, hal pribadi yang sebenarnya tidak ingin di cerita tetapi terceritakan lewat media setelah dilakukan . 

Berita yang sering muncul dan tonton lewat media yaitu konflik antar sesama, antar kelompok dan diri sendiri. Kadang benar dan kadang juga salah, hal ini yang perlu di pelajari oleh anak muda agar tidak salah mengambil keputusan dan menilai. Hidup di Negara yang memiliki beberapa agama harus memiliki sikap toleransi untuk menghargai sesama umat beragama, makan dari situ harus di terapkan pemikiran penasaran atau ingin tau kebanaran. 

Menurut saya pemerintah perlu berpartisipasi dengan membuat regulasi terkait literasi digital. Dengan adanya regulasi yang di sepakati bersama dapat mencegah perilaku berisiko dari pemanfaatan teknologi informasi saat ini. Supaya para pemuda nantinya dapat membangun Negara menjadi lebih baik kedepan nya. 

Indonesia sebagai negara kesatuan yang beranekaragam suku, budaya, rasa, maupun agama menjadi salah satu yang penting agar selalu ada sikap toleransi terhadap sesama, media menjadi peran penting masa sekarang dan masa yang akan datang.

Indonesia memang merupakan mayoritas Islam tetapi tidak di atur oleh islam karena Indonesia memiliki simbol yaitu “Bhinneka Tunggal Ika Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu” Negara republik Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan memiliki beribu-ribu pulau dari Sabang sampai Merauke. Jadi peran kita sebagai masyarakat Indonesia adalah kita harus menghargai setiap kepercayaan maupun adat dan istiadat setiap agama, baik itu muslim maupun non-muslim demi terciptanya bangsa Indonesia yang adil, makmur, dan sentosa.

Kemajuan teknologi saat ini menjadi pengaruh besar terhadap anak muda, pengaruh terhadap Negara dan sesama umat beragama, bentuk sosial dan kerukunan terhadap sesama sangat di butuhkan pembelajaran bukan nanti tetapi harus di terapkan mulai dari sekarang. 

Salam toleransi umat beragama

×
Berita Terbaru Update