Notification

×

Iklan ok

"Pentingnya Menjalankan Ibadah Zahir dan Bathin," Pesan Tgk. Yusri Puteh

Senin, 11 April 2022 | 00.38 WIB Last Updated 2022-04-10T17:40:19Z

Gemarnews.com, Pidie - Pentingnya menjalankan Ibadah zahir dan ibadah bathin selama bulan suci Ramadhan, sebagai bagian dalam memperkuat iman dan takwa kepada Allah.

Begitu isi pesan ceramah Teungku Yusri Puteh, pada ba'da shalat teraweh, di Meunasah Gampong Ulee Ceue Teubeng, Kecamatan Pidie, Pidie, Minggu malam (9/4/2022).

Ceramah Ramadhan Teungku Yusri Puteh selama 45 menit tersebut, merupakan rangkaian dari kegiatan Meunasah Gampong Ulee Ceue Teubeng, Pidie selama bulan puasa.

Dalam ceramahnya, Teungku Yusri Puteh, mengajak seluruh umat untuk lebih memperbanyak ibadah selama bulan Ramdhan, sebagai bagian dari komunikasi langsung dengan sang pencipta. Selain menunaikan ibadah zahir, penting juga untuk memperkuat ibadah bathin sehingga dalam pelaksanaannya akan lebih fokus.

"Seperti contoh, ibadah Shalat wajib dan sunat merupakan ibadah zahir dalam pelaksanaannya harus selaras dengan bathiniah, sehingga pahala yang didapatkan akan lebih sempurna" jelasnya

Yang perlu difahami, tambah Tgk Yusri Puteh, dalam pelaksanaan ibadah baik itu, shalat wajib maupun shalat sunat teraweh adalah keikhlasan. Jika ibadah yang dilakukan penuh dengan rasa ikhlas maka tidak ada beban dalam melakukan kewajiban manusia kepada sang khaliq.

"Saya yakin, jika rasa ikhlas itu ada dihati, InsyaAllah seluruh jama'ah akan menikmati proses komunikasi dengan Allah pada setiap ibadahnya," pesannya

Pesan terakhir dalam ceramahnya, Teungku Yusri mengingatkan empat hal, yang pertama, lupakan segala perbuatan baik yang dilakukan untuk orang lain, kedua, ingatlah hal buruk yang pernah kita lakukan kepada orang lain, ketiga lupakan segala pemberian kita kepada orang lain, dan ke empat harus mengingat pemberian orang lain kepada kita.

"Maksudnya adalah, sebagai manusia kita harus mengingat segala bentuk yang buruk bukan untuk balas dendam, namun sebagai bagian dari instropeksi dan mendekatkan diri kepada Allah menjadi manusia yang lebih ikhlas," tutupnya. (*)
×
Berita Terbaru Update