Notification

×

Iklan

Kakankemenag Aceh Besar Tutup Kegiatan Manasik Haji Rayon II

Minggu, 05 Juni 2022 | 17.16 WIB Last Updated 2022-06-05T10:19:15Z

Gemarnews.com, Aceh Besar - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemanag) Kabupaten Aceh Besar, H Salman SPd MAg berharap manasik haji yang diadakan baik di tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan.

"Semoga jamaah pengetahuan tentang ibadah haji dan umrah, sehingga jamaah mampu melakukan rukun haji dan umrah secara sempurna," ujarnya saat penutupan manasih haji Rayon II, di Masjid Babussalam, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, 5 Juni 2022.

Ia berpesan pada jamaah agar menjaga kesehatan sebelum berangkat hingga kembali ke tanah air. Apalagi perbedaan suhu dan cuaca di Indonesia dengan Arab Suadi. Kondisi ini mengharuskan jamaah menjaga ketehanan tubuh, caranya mengkonsumsi makanan dan buah.

Pada panitia pelaksana manasik, Salman berterima kasih karena telah membantu tamu Allah dalam memberikan pelayanan jamaah yang akan berangkat ke tanah suci. 

Ketua panitia Zona II, Ustaz Ikhram M Amin, SS, MPd menyampaikan zona II terdiri dari 12 kecamatan, yaitu Kecamatan Ingin Jaya, Montasik, Sukamakmur, Indrapuri, Kuta Malaka, Kuta Cot Glie, Selimum, Kota jantho, Lembah Seulawah, Krueng Barona Jaya, Kuta Baro, dan Masjid Raya. 

Manasik  di zona II berpusat di Masjid Babussalam Ingin jaya ini, sejak 29 Mei sampai dengan 1 Juni 2022, yang ditutup secara resmi oleh H Salman. 

Tahun ini, walau terbatas apalagi durasi manasik hanya empat hari di tingkat kecamatan dan kondisi masih Covid-19, maka panitia dari unsur kepala KUA tetap berusaha memberi pelayanan terbaik bagi jamaah, termasuk menyiapkan pemateri kredibel sesuai kapasitasnya, khususnya berkenaan dengan pelaksanaan haji dan umrah.

"Tahun ini, pemerintah Saudi membatasi jamaah haji sebab Covid-19. Karena itu, pengurangan jamaah haji secara nasional berdampak pada jumlah keberangkatan jamaah di Aceh," ujarnya.

Sesuai KMA 405 tahun 1443 H/ 2022 M, jamaah haji Aceh berjumlah 1988 orang, dari total nasional 100.051 orang, terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus. Total 1999 jamaah sudah termasuk petugas dan pembimbing.

Jamaah haji Aceh Besar berjumlah 217 jamaah, dibagi 3 kloter yaitu kloter 1, 3 dan 5. Kloter satu  diperkirakan berangkat pada 15 Juni 2022, kloter tiga berangkat pada 17 Juni, sedangkan kloter lima berangkat 19 Juni 2022 melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. []
×
Berita Terbaru Update