Notification

×

Iklan

Kesenian Rapa'i Debus Butuh Perhatian Pemerintah

Rabu, 22 Juni 2022 | 16.14 WIB Last Updated 2022-06-22T09:14:12Z
Ket Foto : Pertunjukan kesenian Debus. (Foto : Istimewa).


Gemarnews.com, Abdya - Kesenian Rapa’i Debus merupakan kesenian tradisional Aceh. Kesenian ini hampir dimiliki oleh setiap Kabupaten di Aceh, Rapa’i debus merupakan gabungan antara seni, agama dan ilmu metafisik (ilmu kebal).

Salah satu praktisi kesenian Rapa'i Debus Muhardi mengatakan Rapa’i Dabus berasal dari nyanyian-nyanyian (puisi yang berbentuk doa) yang dibacakan oleh seorang mursyid (Khalifah atau pemimpin tarikat) dalam ajaran tasawufnya.

"Mursyid (Khalifah) membacakan doa dan zikir dengan suara yang merdu dan lemah lembut dalam waktu lama, sampai dirinya dan pengikutnya tak sadarkan diri (fana billah) yang jadi tujuan untuk mencapai kepuasan batin dan ketenangan jiwa" katanya pada Rabu (22/6/2022).

Lanjut, maka tak jarang jika di Aceh ketika  hajatan seperti pesta perkawinan atau khitanan, sering digelar pertunjukan seni Rapa’i Debus. 

“Kesenian Rapa’i Debus adalah budaya asli daerah kita yang harus kita jaga dan dilestarikan, kita juga mengaharapkan kepada pemerintah Aceh dan pemerintah Kabupaten/kota untuk dapat mendukung melestarikan seni budaya dengan melakukan pengajuan anggaran di APBA atau APBK, yang diperuntukkan untuk usaha mengembalikan kejayaan seni budaya kita,” ujar Muhardi.
×
Berita Terbaru Update