Notification

×

Iklan ok

LPPTKA dan FKPAI Sosialisasi Tertib Emis bagi TPQ di Aceh Besar

Minggu, 05 Juni 2022 | 17.10 WIB Last Updated 2022-06-05T10:20:01Z
LPPTKA dan FKPAI Sosialisasi Tertib Emis bagi TPQ di Aceh Besar pada 05 juni 2022. (Foto : Ist).


Gemarnews.com, Aceh Besar - Forum Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Aceh kerja sama dengan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Qur'an (LPPTKA-BKPRMI) mengadakan Sosialisasi Tertib EMIS Lembaga TPQ dan Madrasah Diniyah Kabupaten Aceh Besar Angkatan I, yang diikuti pengurus Taman Pendidikan Quran (TPQ) se-Aceh Besar, di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, 5 Juni 2022.

Ketua panitia, Ustaz Baihaqi SPdI MSi NLP mengatakan rencana awal hanya diskusi sederhana, tidak formal seperti ini. Namun sebab antusiasme ustaz dan ustazah sangat tinggi, maka dibuat lebih formal agar transfer informasi bisa maksimal.

Menurutnya, Education Management Informasi System (EMIS) ini penting bagi TPQ, ibarat sekolah yang mesti ada dapodik atau simpatika. Jika suatu saat ada bantuan pemerintah, tentu pihak pengelola TPQ bisa menyambutnya. 

Selain itu, kata Baihaqi, pertemuan ini menjadi ajang silaturahmi sesama pengelola TPQ, yang nanti bisa sama-sama mencari solusi atas masalah di TPQ masing-masing.

"Ini gelombang satu, nanti akan kita buka gelombang berikutnya," ujar Baihaqi yang juga Penyuluh Agama Islam di KUA Kecamatan Sukamakmur.

Sementara Direktur Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran (LPPTKA) BKPRMI, Ustaz Taqwallah SPdI mengatakan sekarang era teknologi yang terus mengalami perkembangan, karenanya TPQ perlu menyesuaikan diri.

"Ia menyayangkan masih banyak TPQ yang belum mengisi data emis, bahkan ada yang beranggapan tidak penting," jelas aktifis yang juga Penyuluh Agama Islam di KUA Kecamatan Baitusalam ini.

TPQ, sebutnya, memang belum punya staf ahli bidang IT, namun dapat memberdayakan ustaz dan ustazah yang memang melek teknologi sebagai operator EMIS.

Ia menegaskan kegiatan hari ini terbatas, namun akan diupayakan gelombang berikutnya. Targetnya, semua TPQ punya operator emis handal, sehingga TPQ di Aceh Besar makin  berkembang dan beradaptasi dengan digitalisasi.

Sementara Kasi Pendidikan Dayah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) Kabupaten Aceh Besar, Nazaruddin SE mendukung penuh agenda yang difasilitasi FKPAI dan LPPTKA-BKPRMI Aceh Besar.

"Ini luar biasa. Saya sangat senang, sebab sudah membantu kami dalam sosialisasi tertib EMIS," ujar Nazaruddin saat membuka acara.

Ia mengingatkan EMIS TPQ perlu dilengkapi, karena dapat mempermudah pihak TPQ untuk mengurus keperluan lembaga, termasuk ketika ada bantuan dari pemerintah. (*)
×
Berita Terbaru Update