Notification

×

Iklan ok

Serangan Kawanan Monyet Ekor Panjang di Desa Lamsujen Kian Meresahkan

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 13.35 WIB Last Updated 2022-08-06T06:35:11Z
Ket Foto : Monyet ekor panjang (Tribunnews).


Gemarnews.com, Aceh Besar - Serangan monyet ekor panjang semakin menjadi - jadi di Gampong Lamsujen Kecamatan Lhong Kabupaten Aceh Besar, primata liar ini menyerang lahan pertanian dan menghabiskan tanaman durian yang dibudidayakan warga setempat. Tak hanya buah, bunga pun ludes dimakan kera ekor panjang ini. 

Maulidansyah salah seorang petani durian setempat menuturkan, serangan monyet belakangan ini memang kian menggila. Tanaman durian yang ia budidayakan selama musim ini habis dimakan oleh kera ekor panjang tersebut. 

Menurut Mauli serangan kera ekor panjang tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak tahun lalu. Namun serangan kera ekor panjang ini semakin parah di tahun 2022. 

"Kalau jumlahnya mungkin ribuan. Kalau turun bergerombol,"papar mauli kepada wartawan pada sabtu (06/08/2022).

Akibat Serangan kera ekor panjang tersebut warga harus rela berjaga di ladang mereka. Mereka bergiliran berjaga di ladang sembari membawa bekal makanan untuk berjaga. 

Akibat serangan kera ekor panjang ini membuat petani durian mengalami kerugian yang tidak sedikit.

"Kami berharap kepada pemerintah khususnya BKSDA Aceh untuk memperhatikan persoalan yang dihadapi oleh para petani akibat hama monyet tersebut." tutupnya. [C.Ricky]
×
Berita Terbaru Update