Notification

×

Iklan ok

Hibur Korban Kebakaran, FJA Abdya Tampilkan Pertunjukan Sulap Kreatif

Sabtu, 10 September 2022 | 19.37 WIB Last Updated 2022-09-10T21:55:13Z
Dok.Foto: Presiden Jokowi menampilkan sulap saat menghadiri HAN 2017 di Riau (Hipwee)

GEMARNEWS.COM, BLANGPIDIE – Dalam rangka menghibur dan menyemangati anak-anak korban rumah terbakar di Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, Forum Jurnalis Aceh (FJA) Abdya tampilkan pertunjukan sulap kreatif di tenda pengungsian, Sabtu (10/9/2022).

Ketua FJA Wilayah Abdya, Rusman mengatakan, kegiatan trauma healing yang dilaksanakan pihaknya itu bertujuan untuk membantu membuat anak-anak kembali ceria pasca mengalami trauma akibat kebakaran. 

"Pertunjukan sulap kreatif ini bertujuan untuk menghilangkan trauma atau rasa takut serta kebosanan anak-anak korban kebakaran saat berada di tenda pengungsian. Trauma healing ini merupakan salah satu kebutuhan bagi korban bencana," ujar Rusman.

Dia menambahkan, bahwa kegiatan trauma healing atau penyembuhan trauma yang dilakukan pihaknya tersebut, diharapkan dapat mengajarkan korban bencana untuk menghilangkan rasa stres dan menjadi lebih rileks.

"Para korban bencana seperti ini misalnya, mereka sangat membutuhkan perhatian, apalagi anak-anak. Ini sangat dibutuhkan oleh anak saat ia mengalami trauma atau stres traumatik. Kami hadir untuk menjenguk dan menghibur saudara-saudara kita yang ada di sana," ucap Rusman.

Dok.Foto: Anak-anak korban kebakaran menyaksikan sulap kreatif dari FJA Abdya (Istimewa)

Sementara itu, Kabid Industri Kreatif dan Pariwisata FJA Abdya, Yudya Pratidina, S. Ds menjelaskan, selain untuk menghibur, pertunjukan tersebut dijalankan juga bisa menjadi edukasi kreatif bagi anak-anak dalam berkarya.

Sebagai pelakon sulap, tambah Yudya atau lebih dikenal dengan sebutan Master Yudya tersebut, hiburan yang ditampilkan di depan anak-anak dan kaum ibu-ibu tersebut, dilaksanakan sebagai wujud kepedulian FJA Abdya terhadap warga yang tengah mengalami musibah.

"Pastinya hal ini bisa mendorong minat kreatif anak-anak. Apalagi adik-adik kita ini, mereka butuh pendampingan psikologis sebagai pemulihan dari trauma healing. Maka oleh karena itu, kehadiran FJA Abdya membantu memulihkan trauma yang dirasakan," kata Yudya.

Untuk diketahui, musibah kebakaran yang terjadi pada Jum'at (9/9/2022) tersebut menghanguskan tiga unit rumah. Dari kejadian itu, setidaknya empat kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Selain harta bendanya habis dilalap sijago merah, para korban juga mengalami trauma yang mendalam, tak terkecuali pada anak-anak. Dari data yang diperoleh, setidaknya sebanyak 10 orang anak mengalami trauma akibat kebakaran.

Kegiatan bertajuk FJA Abdya Peduli tersebut turut dihadiri Bendahara FJA Abdya, Fitria Maisir, S.Pd.I, Kabid Pemuda dan Olahraga, Khairijal, warga, anggota FJA Abdya lainnya, serta masyarakat setempat. (*)

Liputan : Teuku Rahmat
×
Berita Terbaru Update