Notification

×

Iklan ok

Dampak Inflasi di Suatu Negara

Sabtu, 26 November 2022 | 20.14 WIB Last Updated 2022-11-26T13:14:11Z
Oleh : Muhammad Aditya Rizki
Mahasiswa Fisip UIN Ar - Raniry Banda Aceh


Gemarnews.com, Opini - Inflasi adalah kecenderungan naiknya harga barang dan jasa pada umumnya yang berlangsung secara terus menerus. Jika harga barang dan jasa di dalam negeri meningkat, maka inflasi mengalami kenaikan. Naiknya harga barang dan jasa tersebut menyebabkan turunnya nilai uang.

Menurut penulis penyebab inflasi yaitu naiknya biaya produksi disebabkan oleh tekanan naik pada biaya produksi. Inflasi ini dapat terjadi di negara-negara yang perekonomiannya sedang tumbuh dan berkembang.

Inflasi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti devaluasi mata uang, kenaikan harga barang dan jasa, peningkatan pengangguran, penurunan kesejahteraan masyarakat, hilangnya investasi dan banyak lainnya. Inflasi merupakan mimpi buruk bagi perekonomian negara. 

Inflasi yang tinggi melemahkan daya beli masyarakat, terutama produksi dalam negeri, yang pada gilirannya dapat menurunkan kepercayaan warga terhadap nilai mata uang nasional.

Kebijakan non-moneter memiliki tiga cara untuk mengatasi inflasi yakni yang pertama meningkatkan output, membentuk kebijakan upah dan mengendalikan harga dan distribusi barang. Peningkatan produksi yang dimaksudkan adalah untuk menekan inflasi tersebut.

Ciri-ciri inflasi adalah:
(1) Harga komoditas terus turun 
(2) Sirkulasi menurun 
(3) Harga komoditas terus meningkat 
(4) Jumlah uang beredar meningkat 
(5) Orang cenderung menyimpan tabungan mereka 
(6) Orang cenderung meminjam uang talangan Bank.

Adapun jenis-jenis inflasi yaitu :
1. Sedikitnya inflasi : 
kurang dari 10% per tahun.
2. Inflasi sedang :
10-30% per tahun.
3. Inflasi yang kuat :
30-100% per tahun. 
4. Hiperinflasi :
Disebut dengan inflasi merajalela, yaitu lebih dari 100% per tahun.

Peran dalam mengalahkan inflasi adalah kebijakan moneter. Mekanisme pengendalian inflasi Bank dilakukan dengan mengatur jumlah uang beredar melalui penetapan tingkat suku bunga. Misalnya, ingin mengekang permintaan dengan menaikkan suku bunga.

Diharapkan dengan berbagai permasalahan tersebut di atas, kejelian sangat penting untuk menghindari inflasi dengan menyeimbangkan perekonomian untuk mengurangi dampak inflasi terhadap perekonomian, setor sejumlah uang tertentu dalam waktu tertentu, bangun dana darurat dan simpan di bank agar Anda dapat mengaksesnya kapan saja. Dengan penjelasan di atas, kita bisa memberikan tips ini sehingga dapat terhindar dari inflasi.
×
Berita Terbaru Update