Notification

×

Iklan ok

10 Desa di Abdya Dilanda Banjir Luapan

Senin, 23 Januari 2023 | 20.26 WIB Last Updated 2023-01-23T13:27:29Z

Gemarnews.com, Blangpidie - Curah hujan yang Tinggi melanda Kabupaten Aceh barat daya sehingga mengakibatkan lebih kurang 10 Desa di Kabupaten Aceh Barat Daya Dilanda banjir luapan, Senin (23/1/2023).

Hujan yang mengguyur di Kabupaten Aceh Barat Daya berlangsung selama lebih kurang 7 jam dengan intensitas tinggi dan sedang, hal ini menyebabkan luapan air yang membuat sejumlah Desa di Kabupaten Aceh barat daya di Landa banjir.

Dalam pantauan gemarnesw.com yang ikut secara langsung melihat di lapangan kondisi ril yang terjadi, terdapat 10 desa dari 3 (tiga) Kecamatan yang dilanda banjir yaitu Kecamatan Tangan tangan terdiri dari desa Drien Jalo, Desa Mesjid, Desa Padang Kawa.

Kemudian Kecamatan setia terdapat 4 desa yang terimbas banjir yaitu desa Ujung tanah, desa Cinta makmur, desa Alue Dama, desa Tangan tangan cut. Kecamatan Manggeng yaitu desa Sienelop , Desa Padang, Desa sejahtera.

Ketua Tagana kecamatan Manggeng kabupaten Aceh barat daya Andika Rahman Kepada gemarnews.com mengatakan bahwa banjir kali ini disebabkan karena tingginya debit air sehingga membuat parit ataupun sungai meluap yang menyebabkan beberapa rumah warga tergenang air.

"Kita lakukan assesment dilapangan dan melihat secara langsung bahwa hujan kali ini cukup deras, sehingga debit air meningkat, parit dan sungai tidak mampu menampung tingginya debit air akhirnya meluap dan mengakibatkan beberapa rumah warga terendam banjir." kata Andika 

Dia juga menambahkan bahwa Selain debit air yang cukup tinggi banjir luapan kali ini juga di sebabkan penyempitan saluran serta sampah yang ikut menyumbat aliran air, alhasil air meluap kerumah warga.

"Curah hujan cukup tinggi, parit dan sungai tidak mampu menampung debit air, apalagi sungai dan parit tersebut kecil dan sempit, ditambah lagi banyak sampah yang menyumbat saluran air, sehingga air meluap dan imbasnya beberapa rumah warga tergenang air" lanjut Andika.

Sejauh ini tidak ada warga yang mengungsi, mereka tetap bertahan di rumah masing masing sambil menunggu air surut.

"Kita himbau kepada warga yang terimbas banjir agar berhati hati dan tetap siaga jika ada banjir luapan susulan, terlebih lagi cuaca saat ini masih di dominasi hujan, dan kita juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak membuang sampah ke parit atau sungai, karena sampah ini juga salah satu penyebab banjir." lanjut Andika kembali. []

Wartawan : Yasri Gusman
×
Berita Terbaru Update