Notification

×

Iklan ok

Rekrut Calon PKD, Panwascam Babahrot: Pendaftaran Gratis

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09.50 WIB Last Updated 2023-01-14T03:04:18Z
Dok.Foto: Anggota Panwascam Babahrot


GEMARNEWS.COM, ACEH BARAT DAYA - Pesta demokrasi Pemilu 2024 di depan mata. Berbagai tahapan dan kelengkapan pelaksanaan pun kian disiapkan. Seperti yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh.


Tidak berbeda dengan Panwascam di kecamatan lain di Indonesia, Panwascam Babahrot juga melaksanakan pembukaan pendaftaran calon Panwaslu Kelurahan/Desa atau PKD, bagi putra dan putri terbaik yang tersebar di 14 desa yang ada di Kecamatan Babahrot.


Ketua Panwascam Babahrot, Edikar didampingi anggota Faridah, SP dan Hendri Saipul, A.Ma mengatakan, pendaftaran dan penerimaan berkas bagi calon PKD mulai dibuka pada tanggal 14 hingga 19 Januari 2023 mendatang.


Dijelaskannya, bahwa rekrutmen PKD ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Ketua Bawaslu RI nomor 5/KP.01/K1/01/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa untuk Pemilihan Umum Serentak tahun 2024.


“Perekrutan PKD ini untuk menindaklanjuti keputusan Ketua Bawaslu RI. Kita akan membuka kesempatan bagi putra dan putri di desa untuk ikut serta menyukseskan pelaksanaan Pemilu yang akan diselenggarakan secara serentak pada tahun 2024 nanti,” ujar Edikar kepada awak media, Jum’at (13/1/2023).


Untuk memudahkan para pendaftar mengetahui informasi tersebut, tambah Edikar, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, seperti sosialisasi, penempelan spanduk/baliho pengumuman di kantor desa juga di tempat keranaian lainnya.


Selain itu, upaya penyampaian juga dilakukan dengan menyebarkan selebaran via media sosial, bahkan turut di utarakan di berbagai media massa. Sehingga, tambahnya, Panwascam babahrot bisa menjadi salah satu pelopor keterbukaan informasi publik.


“Tujuannya ini agar masyarakat bisa mengetahui bahwa Panwascam Babahrot membuka rekrutmen secara terbuka untuk seluruh masyarakat, namun sesuai dengan aturan dan syarat yang telah ditetapkan,” ucap Edikar.


Dikatakan Edikar, setiap desa yang ada di Kecamatan Babahrot hanya tersedia satu kursi untuk PKD. Hal itu sesuai dengan amanah yang telah ditetapkan oleh Bawaslu RI tentang pedoman pembentukan PKD untuk Pemilu 2024.


“Bagi yang ingin mendaftar silahkan mendatangi Kantor Sekretariat Panwascam. Jika ada yang belum jelas, nanti bisa kita terangkan dan jelaskan di kantor,” ucap Edikar.


Dia mengajak putra-putri terbaik di desa agar ikut berpartisivasi dalam rekrutmen PKD untuk sama-sama mengawasi jalannya Pemilu tahun 2024 mendatang dan tentu dengan terlebih dahulu memastikan diri bahwa memenuhi syarat yang sudah ditentukan.


Syarat Calon PKD Babahrot


Sebagai syarat administrasi pendaftar harus membuat surat lamaran, mencantumkan KTP, membuat surat kesehatan, pernyataan tidak terlibat partai politik, izin atasan (bagi yang terikat dengan pekerjaan) dan harus berusia 21 tahun.


Untuk kelengkapan administrasi, ucap Edikar, seperti surat lamaran, surat pernyataan dan daftar riwayat hidup telah disediakan oleh pihaknya. Sementara pelamar cukup mendatangi Kantor Sekretariat Panwascam serta membawa persyaratan lainnya.


"Masa kerja sampai selesai pemilu. Atau pelamar bisa mengunjungi Website resmi kami. https://acehbaratdaya.bawaslu.go.id/2023/01/open-rekrutmen-panitia-pengawas-pemilu-kelurahan-desa-kabupaten-abdya/. Pendaftaran ini gratis tanpa dipungut biaya apapun,” tukas Ketua Panwascam Babahrot, Edikar terkait perekrutan PKD. (*)

×
Berita Terbaru Update