Notification

×

Iklan ok

UNIGHA Gelar Olimpiade Sainstek 2023 kepada Siswa SMA/SMK se - Kabupaten Pidie

Selasa, 14 Februari 2023 | 09.46 WIB Last Updated 2023-02-14T02:46:38Z

Gemarnews.com, Sigli - Universitas Jabal Ghafur hari  menggelar lomba sains dan teknologi bagi siswa SMA/MAN/SMK se-Kabupaten Pidie pada  Sabtu, 11 Februari 2023

Perlombaan ini diikuti oleh sekitar 240 siswa/siswi dari 30 sekolah bertempat di gedung Leguna kampus tersebut.

Selaku pelaksana kegiatan adalah mahasiswa dari Himpunan Program Studi Pendidikan Biologi, Fisika dan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta mahasiswa Program Studi  S1 dan D3 Teknik Informatika Fakultas Teknik  Unigha. 

Tema yang diusung adalah “Mewujudkan Generasi Muda Intelektual dan Melek Teknologi Informasi”.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan tahunan Unigha untuk memantau sejauh mana perkembangan pendidikan khususnya bidang MIPA dan teknologi bagi siswa di Kabupaten Pidie melalui event kompetisi lomba sainstek. Selain itu, event kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa di Kabupaten Pidie dalam bidang akademik, pengembangan wawasan dan  memacu minat dan bakat siswa terhadap bidang Saintek. 

Wakil Rektor III Unigha bidang kemahasiswaan, Dr. Amirzan, M.Pd dalam sambutannya, Unigha telah turut serta mengambil peran penting untuk peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Kab. Pidie karena banyak alumninya berkiprah sebagai guru sehingga sedikit banyaknya mewarnai kualitas pendidikan.

Beliau juga menyinggung tentang metode ampuh yang telah dikembangkan Unigha dalam pembelajaran saintek yaitu memadukan metode conscious main dan sub conscious dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang dikenal dengan nama Hypnoteaching Method. 

“Kita ketahui bahwa kegiatan ini adalah kegiatan Olimpiade Sainstek yang sangat bermanfaat dalam merangsang prestasi dan kompetisi para siswa dalam bidang sains dan teknologi. Dan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Unigha terhadap pendidikan di Pidie", ucap Dr. Amirzan. 

Kegitan ini turut hadiri oleh Dekan FKIP Unigha Muhammad Iqbal,S.Pd. M.A, Wakil Dekan I F.Teknik, Zulfa Razi, S.Pd., M.Si para kaprodi dan dosen serta mahasiswa dari kelima prodi tersebut.

Untuk para pemenang langsung diumumkan pada hari yang sama dan berikut hasilnya: (1) Bidang Biologi, Juara I diraih oleh Cut Nurrizki Auliani (MAN 2 Pidie), Juara II diraih oleh Jihan Salsabila Fatma  (SMAN 1 Mutiara) dan Juara III diraih oleh Ayang Saskia (SMA Sukma Bangsa Pidie).

(2) Bidang Matematika, Juara I diraih oleh Selfina (SMAN 2 Delima), Juara II diraih oleh T.M Farhan Syauqi (SMA Sukma Bangsa Pidie) dan Juara III diraih oleh Cut Kana Patria Bestarina (SMA Sukma Bangsa Pidie).

(3) Bidang Fisika, Juara I diraih oleh Khairun Nisa (SMAN 1 Pekan Baro), Juara II diraih oleh Nanda Tiarani (MAN 2 Pidie) dan Juara III diraih oleh Khairatin Nisa (MAS Darussalamah).

(4) Bidang Informatika Juara I diraih oleh Akbar Permana ( MAN 4 Pidie), Juara II diraih oleh Maida Fonna (MAN 2 Pidie) dan Juara III diraih oleh Fariel Maulana ( SMA Sukma Bangsa Pidie). []
×
Berita Terbaru Update