Notification

×

Iklan ok

Target 100 Sapi Untuk Meugang Akbar Pidie, Baru Ada 27 Ekor

Senin, 20 Maret 2023 | 17.56 WIB Last Updated 2023-03-20T10:56:44Z



Gemarnews.com, Pidie - Dari 100 sapi ditargetkan Pj. Bupati Pidie untuk disembelih Panitia Meugang Akbar Pemerintah Kabupaten Pidie guna dibagikan kepada warga miskin, hingga sehari menjelang meugang, panitia baru menerima 27 ekor sapi sumbangan dari sejumlah donatur.

Pj. Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, menyerahkan sapi kepada Camat untuk disembelih di sejumlah kecamatan. Daging itu nantinya disalurkan kepada para kaum miskin yang ada di wilayah kecamatan masing-masing.

Berdasarkan data 23 kecamatan di Kabupaten Pidie, 11 kecamatan yang berjauhan dari ibu kota kabupaten, diserahkan seekor sapi untuk disebelih dan dibagikan di kecamatan. Sedangkan 12 kecamatan lainnya penyembelihan dipusatkan di Masjid Al-Falah Sigli pada hari meugang pertama, Selasa, 21 Maret 2023.

Bagi penerima akan dibagikan kupon dengan masing- masing kecamatan sebanyak 72 kupon. Namun, menurut panitia, jumlah itu sewaktu-waktu berubah jika ada penambahan jumlah sapi.

Pantia Meugang Akbar Pidie, Fazli, mengatakan hingga saat ini ada 27 ekor sapi. Jumlah tersebut bisa bertambah jika ada penyumbang lain yang berpartisipasi. Namun, mengingat waktu hanya tersisa sehari menjelang meugang, pihaknya menyalurkan dulu yang sudah ada sesuai program Pj. Bupati yang dirangkai dalam program “Bambu Putih”.

“Hingga sore ini, ada 27 ekor sapi sumbangan dari para dermawan baik dari SKPK maupun pengusaha dan pimpinan partai politik. Sebelas ekor sudah diserahkan Bapak PJ. Bupati kepada 11 Camat. Sedangkan sisanya disembelih di Masjid Al-Falah, Sigli. Bagi warga miskin di 12 kecamatan dibagikan kupon untuk pengambilan daging meugang,” kata Fazli.

Adapun 27 sapi terkumpul dari para donatur. Penyumbang dua ekor sapi masing-masing Pj. Bupati, Sekda, RSU Tgk. Chik Ditiro, Dinas PUPR, dan Teuku Irsan (pengusaha).

Sedangkan penyumbang satu ekor sapi ada 15 orang baik perorangan maunpun instansi pemerintah, yakni Ketua DPW Partai NasDem Aceh Teuku Taufiqulhadi, Sayed Muhammad Mulyadi, Teuku Burhanuddin Syah, Handayani (Kabid Dikdas Disdik Pidie), Teuku Saifullah TS, Dinas Perkim, Badan Pengelola Keuangan Kabupaten. Selain itu, Dinas Pertanian, Bappeda, Disdik, Dinas Kesehatan, dan Muhammad Alif Nazar.

Sementara dua sapi lainnya merupakan gabungan Dinsos, DLH dan RSUTAS satu ekor dan Dispora, Asisten II dan Asisten III Pidie juga menyumbang satu ekor.

Selain sapi, ada juga sumbangan uang dari sejumlah donatur. Uang itu nantinya digunakan untuk biaya operasional bagi petugas saat bekerja menyembelih dan penyaluran daging kepada masyarakat.

Pj. Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, saat penyerahan bantuan sapi meugang kepada Camat dan panitia sembelih, memesan agar bisa dibagikan tepat waktu dan sasaran. Sehingga warga miskin di Pidie dapat menikmati daging dalam menyambut bulan puasa.

“Program kita bertujuan untuk meringankan beban masyarakat miskin dalam menyambut bulan suci Ramadan. Kita berterima kasih kepada para penyumbang semuanya semoga mendapat balasan dari Allah SWT,” ucap Wahyudi.[]

×
Berita Terbaru Update