Notification

×

Iklan ok

Ketua Majelis Dikdasmen PW. Muhammadiyaj Aceh, Ajak Pemprov Aceh Bangun Dunia Pendidikan Berkarakter Islami

Sabtu, 03 Juni 2023 | 21.28 WIB Last Updated 2023-06-03T14:28:50Z

Gemarnews. com, Banda Aceh - Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinam Wilayah Muhammadiyah Aceh, Dr. H. Iskandar Hasibuan. M. Pd. "Mengajak semua pihak terutama Pemerintah Aceh, terkhusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di tingkat Propinsi Maupuan Kabupaten/Kota se-Aceh, Mari kita berkelaborasi dalam memajukan dunia pendidikan, hal ini disampaikan dalam kegiatan Wisudawan Tahfidz Al-Quran dan Pelepasan Siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 2 Kota Banda Aceh. 

Hal ini sejalan dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan di Aceh yaitu untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT; berakhlak mulia; berpengetahuan; cerdas; kreatif; mandiri; demokratis" Ungkap Iskanda Hasibuan. 

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Banda Aceh, Linda Handayani, S. Pd. M. Pd dalam wisuda tanfidz Al-Qur'an, mengatakan, Sekolah Muhammadiyah 2 Kota Banda Aceh, pada hari ini selain mensyukuri, menggembirakan 21 Anak-anak penghafal Al-Quran, juga dalam hati merasakan sedih karena melepas anak-anak hebat ibu semuanya untuk melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. Kita semuanya harus ikhlas demi kemajuan anak-anak. Kepada walimurid, kami mengajak untuk terus mendukung langkah pendidikan anak-anak kita, dan mendidik anak-anak tetap mencintai Al Quran.

Selama di arena sekolah, anak-anak sering diperdengarkan lantunan murotal al-quran tiap pagi, hal sama juga perlu dilakukan dirumah dengan menambah bacaan, dan mengulang-ulang setiap paginya.pungkasnya.

Untuk Murojaah, orangtua dan Walimurid sangat berperan aktif dalam memperbaiki dan memperlancar hafalan anak-anak peserta didik.

Intinya kerjasama selama ini, antara guru, uatad dan ustadzah dengan orangtua siswa menjadi kunci dalam keberhasilan bersama, daalam memperkuat Anak-anak tertib hafal Al Quran dan mencintai nilai yang terkandung didalamnya. Pendampingan di rumah akan jauh lebih cepat. Himbau Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Banda Aceh Linda Handayani.

Wisudawan Tahfidz Al-quran juga di Hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, dalam sambutnya *Sulaiman Bakri, S. Pd. M. Pd* menyebutkan, Mewisudakan 21 siswa merupakan langkah maju SD Muhammadiyah 2 Kota Banda Aceh, dan ini patut kita apresiasi bersama, terutama untuk Kepala Sekolah, Seluruh Dewan Guru, Komite Sekolah, Majelis Pendidikan Muhammadiyah serta Pimpinan Muhammadiyah Ranting Sukaramai.

Lanjutnya, "Muhammadiyah, sejak berdirinya, sudah mempelopori pendidikan di Indonesia, bahkan negara ini belajar dari pendahulu Muhammadiyah dalam memajukan Dunia Pendidikan. Maka kehadiran persyarikatan Muhammadiyah di Banda Aceh adalah rahmat bagi kita semuanya terutama Pemerintah kota, yang sangat terbantu dalam memajukan Dunia Pendidikan, yang memiliki konsep pendidikan umum yang dipadukan dengan konsep agama sesuai dengan jenjang pendidikannya" ungkap Kadisdikbu Kota Banda Aceh

"Acara wisudah hari ini, adalah kabar gembira bagi kita karena telah bertambah jumlah anak-anak tingkat Sekolah Dasar penghafal Al-quran dari SD Muhammadiyah 2 Kota Banda Aceh sebanyak 21 siswa. Dan ini juga menjadi tekad kami ketika di percayakan sebagai Kadis. Pendidikan dan kebudayaan Kota Banda Aceh, selain anak-anak maraih prestasi dibidang ilmu pengetahuan, Informasi dan teknologi, juga mencetak para penghafal Al-Quran". Ungkap, Kadisdikbud. Kota Banda Aceh *Sulaiman Bakri.*

Selain Kadisdikbud. Kota Banda Aceh, 
"menjadikan ilmu Al Quran sebagai bagian terpenting dalam hidup seorang muslim tidak terjadi begitu saja. Perlu ada pengenalan. Menanamkan keyakinan akan kebenarannya. Membuat anak-anak terpesona pada isinya. Dan tak ada cara yang lebih efektif selain melakukannya secara rutin dan terus menerus serta mengulang hafalan sambil menambahkan satu dua ayat baru setiap harinya. Inilah budaya yang di bangun oleh sekolah-sekolah Muhammadiyah, tak terkecuali di SD Muhammadiyah 2 Kota Banda Aceh.

Tentu dengan dukungan bimbingan secara disiplin oleh walimurid atau orang tua masing-masing dirumah, hingga menjadi rutinitas, menjelma jadi kebiasaan hingga akhirnya membudaya dalam sebuah komunitas" ulas Taufik Riswan, yang mewakili Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sukaramai, Cabang Baiturahan, Daerah Kota Banda Aceh.

Wisudawn SD Muhammadiya 2 Banda Aceh, juga di hadiri oleh Ketua Majelis Disdasmen PW. Muhammadiyah Aceh Dr. H. Iskandar Hasibuan, M. Pd. Mahfud MB Ketua Komite dan Juga Ketua PCM Baiturrahman, Taufik Riswan dan Bunda Armanisah dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah da. Aisyiyah Sukaramai, serta para Pimpinan Ortom, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Banda Aceh, Ketua PDPM, IMM, Nasyiatul Aisyiyah serta Keluarga Besar Muhammadiyah dan Asiyiyah.


Ketua Panitia Mailita Zahara, S. Pd. Menjelaskan, rangkaian kegiatan wisuda dan pelepasan siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 2 Kota Banda Aceh, selain parade tasmi dan uji kelayakan hafalan Al-Quran kepada siswa kelas 6, juga menampilkan baca puisi oleh Sastrawan Aceh ternama Dekna atau kakak Mahdalena, ini untuk memperkenalkan seni sastra dan baca puisi religi bagi perserta didik, terus dilanjutkan dengan penampilan tarian, dan seni suara dan lagu persembahan yang di lagukan oleh panduan suara anak-anak SD Muhammadiyah 2 Banda Aceh. Pungkasnya ( * ) 
×
Berita Terbaru Update