Notification

×

Iklan ok

Kerjasama dengan AGD 118, Fakultas Ilmu Kesehatan UMMAH Gelar Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support Terhadap Perawat

Selasa, 27 Februari 2024 | 22.01 WIB Last Updated 2024-02-27T15:02:15Z

Laporan: Fohan Muzakir

GEMARNEWS.COM, BIREUEN - Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mahakarya (UMMAH) Aceh bekerjasama dengan Ambulans Gawat Darurat (AGD) 118 melakukan pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) terhadap perawat. 

Informasi yang diterima gemarnews.com, kegiatan itu dilaksanakan selama 20 sampai 25 Februari 2024 dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh dr. Mursyidah A. Latief, MPH.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) dibidang kesehatan yaitu perawat guna menangani kasus kegawatdaruratan" ujar dr. Mursyidah A. Latief, MPH dalam keterangan tertulis yang diterima gemarnews.com, Senin, 26/2/2024.

dr. Mursyidah A. Latief, MPH menjelaskan melalui pelatihan ini diperoleh penguasaan materi dan keterampilan sebagai bekal dalam memberikan pertolongan pada penderita atau pasien dengan kondisi kegawatdaruratan. 

"Dimana diharapkan masalah tersebut bisa memberikan bantuan kepada seluruh masyarakat khususnya Labupaten Bireuen sehingga bisa melakukan praktik nantinya di lapangan,” ungkap dr. Mursyidah A. Latief, MPH.

Menurut dr. Mursyidah, kegawatdaruratan menjadi hal yang penting karena dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan pada siapa saja. 

"Upaya mengatasi kegawatdaruratan pada penyelamatan jiwa dengan mempertimbangkan waktu, tantangannya adalah nyawa. Kecepatan pemberian pertolongan akan sangat berpengaruh kepada keselamatan jiwa pasien dan apabila pertolongan terlambat diberikan akan berakibat kematian" pungkas dr. Mursyidah A. Latief, MPH.

Sementara itu, Koordinator AGD 118 wilayah Aceh, Ns. R. Hidayatullah, S.Kep mengatakan untum terus melakukan upaya peningkatan SDM kesehatan khususnya perawat dengan berbagai pelatihan yang akan terus dilaksanakan. 

"Perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan yang paling sering berinteraksi dengan pasien menentukan kualitas suatu pelayanan kesehatan" jelas Ns. R. Hidayatullah, S.Kep

"Oleh sebab itu, sangat diperlukan pengembangan atau pelatihan sesuai dengan kompetensinya untuk mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya" terang Ns. R. Hidayatullah, S.Kep

"Pengembangan staf tersebut dapat diwujudkan dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan salah satu nya adalah Basic Trauma and Cardiac Life Support" pungkasnya. 
×
Berita Terbaru Update