Notification

×

Iklan ok

Dewan Da'wah Kota Langsa Gelar Madrasah Ramadhan Camp ke-2 di MTs MIM Langsa

Sabtu, 23 Maret 2024 | 02.30 WIB Last Updated 2024-03-22T19:30:18Z

GEMARNEWS.COM , LANGSA - Dewan Da'wah Kota Langsa kembali mengadakan kegiatan Madrasah Ramadan Camp (MRC) Ke- II pada tahun 2024 di MTs MIM Langsa. Madrasah Ramadan Camp adalah rangkaian kegiatan yang menjadi program Dewan Da'wah Kota Langsa yang bekerjasama dengan MTs MIM Langsa selama bulan Ramadhan. MRC telah dimulai sejak hari Ahad, 17 Maret 2024 sampai Kamis, 21 Maret 2024.

Ketua Panitia , Muhammad Fauzan, S.Pd, Gr mengatakan kepada media ini bahwa peserta yang mengikuti kegiatan Madrasah Ramadhan Camp ke-2 berjumlah 33 orang, 18 orang Putra dan 15 orang putri dan khusus putra yang menginap selama 5 hari 4 malam disekolah.

Madrasah Ramadhan Camp (MRC) menonjolkan aktivitas keagamaan yang bertujuan untuk semakin membentuk karakter keislaman siswa sekaligus melatih kemandirian. Kegiatan ini diawali dengan tadarus Alquran bersama, pemberian materi yang berkaitan dengan bacaan shalat, pemberian materi tentang mulianya Alquran di bulan Ramadhan dan masih banyak lagi aktivitas keagamaan lainnya.

Afrizal Refo, MA selaku koordinator Program kegiatan Madrasah Ramadhan Camp mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat siswa dalam menjalankan kegiatan Ramadhan dan memperbanyak amalan-amalan di bulan puasa Ramadhan ini. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat lebih mandiri selama di sekolah.

Alhamdulillah, kegiatan Madrasah Ramadhan Camp yang sudah menjadi salah satu program Dewan Da'wah Kota Langsa bekerjasama dengan MTs MIM Langsa selama bulan suci Ramadhan ini diselenggarakan kembali untuk kedua kalinya di MTs MIM Langsa. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta didik, khususnya untuk memperdalam dan memperbanyak amalan-amalan di bulan puasa,” ungkap Afrizal 

Sementara itu, Kepala Madrasah MTs MIM langsa Nursadriyah, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan MRC Ini sangat baik dilakukan karena dapat melatih kemandirian, rasa kebersamaan, memperdalam dan Memantapkan Ajaran Agama Islam dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga memberikan perubahan bagi peserta didiknya.

Ia mengaku senang karena MRC-II kali ini seluruh peserta semangat mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dan dia berharap kedepan makin banyak donatur agar dapat menjalankan kegiatan MRC dengan maksimal, pungkas Nursadriyah

Sementara itu Ketua Dewan Da'wah Kota Langsa Prof. Dr. Iskandar, MCL menyampaikan bahwa Madrasah Ramadhan Camp adalah salah satu kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan setiap tahunnya karena dapat membentuk akhlak generasi muda khususnya tingkat remaja mengingat akhir-akhir ini sangat menyayangkan kondisi remaja yang memprihatinkan banyak lalai berjam-jam duduk di warung kopi, main game online dan sangat jarang ditemui di Masjid-masjid apalagi sekarang sudah memasuki bulan Ramadhan. 

Ia berharap dengan kegiatan Madrasah Ramadhan Camp yang sudah berlangsung dan berakhir hari ini dapat memberikan manfaat kepada siswa yang mengikutinya. 

“jadikan moment belajar ini dengan baik agar jadi muslim yang taat, menjadi muslim yang bertaqwa kepada Allah swt,” pesan Prof. Iskandar pada 33 peserta Madrasah Ramadhan Camp. 

Sementara itu, kepala seksi Pendidikan agama Islam (Pendis) Zainuddin, S. Ag dalam kata sambutannya sekaligus menutup kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan MRC Ini agar terus ditingkatkan dan boleh bekerjasama dengan kementerian Agama sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh pelajar se-Kota Langsa. 

Melalui kegiatan ini, Zainuddin berharap agar siswa MTs MIM Langsa tidak hanya sekedar pembelajaran biasa tapi juga mendapat praktik langsung sehingga dapat memahami Islam secara keseluruhan dan ia sangat berbangga kepada Dewan Dakwah Kota Langsa dan MTs MIM Langsa yang sudah melakukan kegiatan MRC ini sehingga bisa dicontoh oleh sekolah lainnya.

Kegiatan Madrasah Ramadhan Camp diasuh langsung oleh para tutor terbaik lulusan Timur Tengah dan Lulusan Dalam Negeri yaitu Dr. Muhammad Dayyan, M.EC (Dosen PPS IAIN Langsa), Afrizal Refo, MA (Dosen PAI IAIN Langsa), Muhammad Firdaus, Lc., MA (Kaprodi HES IAIN Langsa ), Muhammad Fauzi, M.Pd (Masafah Kota Langsa), Sayed Fitri Adhi, Lc.,M.Ag (Koordinator Guru Tahfidz MTs MIM Langsa), Dr. Hatta Sabri, M.Pd (Kaprodi PAI IAIN Langsa), Sitti Suryani, Lc., MA (Kaprodi HKI IAIN Langsa), Dr. Mahyiddin, MA (Dosen PAI IAIN Langsa),
Rizal Ichsan, Lc, M.Th (Dosen IAIN Langsa), Anberladi, S. Sos( Guru MTs MIM Langsa), Latif Subandi, MA (Guru MTs MIM Langsa), Muhammad Fauzan, S.Pd, Gr (Guru MTs MIM Langsa) dan Ikhsan Hadi, S.Psi (Kawan Kreatif). 

Di akhir kegiatan penutupan MRC-II dilanjutkan dengan Santunan anak yatim dari siswa MTs MIM Langsa, pemberian sertifikat untuk seluruh peserta, pembagian hadiah Lomba dan photo bersama serta dilanjutkan dengan buka puasa bersama.
×
Berita Terbaru Update