Notification

×

Iklan ok

Dewan Da'wah Langsa Gelar Safari Dakwah Bersama Syaikh Palestina

Senin, 25 Maret 2024 | 11.20 WIB Last Updated 2024-03-30T04:20:58Z


GEMARNEWS.COM , LANGSA - Dewan Da'wah Langsa berkolaborasi dengan Darul Itqon Aceh menggelar Safari Ramadhan dengan mendatangkan Syaikh Palestina yang diselenggarakan di beberapa Masjid di Kota Langsa mulai tanggal 26-27 Maret 2024 

Dalam kegiatan Safari Ramadhan ini dihadiri oleh Syaikh dari Palestina yakni Syaikh Ahmad Mustafa Kamaly Albarudy didampingi Ustadz Rifki Rizqullah S.Pd selaku penerjemah dan rombongan dari Darul Itqan Aceh serta panitia safari Dewan Dakwah Langsa. 

Kegiatan safari dakwah bersama Syaikh Palestina ini sudah menjadi program rutin Darul Itqan selama bulan suci Ramadhan dengan menggandeng sejumlah komunitas, baik kampus maupun Masjid. 

Kegiatan Safari Ramadhan ini tentunya bertujuan untuk dapat menjalin silaturahmi dalam nuansa kebahagiaan di bulan suci nan penuh berkah ini. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga sebagai media untuk mendapatkan informasi perjuangan Palestina dalam menghadapi agresi Israel. sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Gaza telah diserang oleh Zionis Yahudi sejak Oktober 2023 lalu hingga bulan Maret 2024 yang telah membunuh lebih dari 35 ribu jiwa dan 75 ribu lainnya luka-luka dan sebagiannya anak-anak meninggal syahid 14 ribu jiwa. 

Ketua Panitia Safari Dewan Dakwah Langsa Ustad Rizal Ichsan, Lc., M. Th menyampaikan bahwa kegiatan safari kali ini dengan melibatkan Syaikh Palestina yakni Syeikh Ahmad Kamaly untuk memberikan tausyiah di beberapa masjid di Langsa.

Adapun tempat yang dikunjungi oleh Syaikh Ahmad Kamaly yaitu: 
Hari Selasa, 26 Maret 2024
Waktu subuh Masjid Nurul Iman Gampong PB. Seulemak, waktu Dhuha MTs MIM Langsa, Waktu Ashar Masjid Baiturrahman Perumnas, Waktu Isya Masjid Hubbul Mukmin Gampong PB. Teungoh. 
Hari Rabu, 27 Maret 2024 
Waktu Subuh Masjid Al muttaqin Gampong Serambi Indah, waktu Dhuha Masjid Kampus IAIN Langsa, waktu Zuhur Masjid Taqwa Gampong Blang Paseh dan waktu Isya Masjid Taqwa Gampong Meurandeh Aceh. 

Ia berharap dengan adanya kunjungan Syaikh Ahmad ke masjid-masjid, sekolah maupun kampus tersebut dapat menggerakkan hati kaum muslimin di Aceh untuk ikut membantu baik dari segi harta maupun doa buat saudara kita Palestina, pungkas, Rizal Ichsan. 

Sementara itu Sekretaris Dewan Dakwah Kota Langsa Afrizal Refo, MA menyampaikan bahwa safari dakwah syeikh Palestina ke Langsa sudah dijadwalkan sebelum memasuki bulan Ramadhan dan sebagai moment penting untuk bisa bersedekah dan membantu saudara kita di Palestina yang saat ini sangat membutuhkan bantuan kita berupa uang untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari berupa makanan, air bersih, obat-obatan, pakaian, tenda dsb. 

Selanjutnya, Ketua Dewan Dakwah Kota Langsa Prof. Dr. Iskandar, MCL mengungkapkan sangat prihatin atas kondisi yang terjadi di Palestina saat ini yang masih terjadi pemboman di camp pengungsian dan berharap dengan adanya penggalangan dana untuk Palestina bisa meringankan kebutuhan mereka disana dan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama muslim. 

Dalam kesempatannya, Syaikh Ahmad mengucapkan terima kasih kepada Dewan Da'wah Kota Langsa yang memfasilitasi untuk Safari dakwah di beberapa Masjid Kota Langsa, sekolah dan kampus IAIN Langsa yang ramah dan antusias dalam penggalangan dana untuk saudara kita di Palestina. beliau juga mengajak seluruh Jama'ah untuk tidak lupa kepada saudara kita di Palestina yang saat ini mereka masih di bom, dibunuh dan banyak yang mati kelaparan dikarenakan tidak ada makanan disana, ujar Syaikh Ahmad

Syeikh Ahmad dalam kesempatan ini memandu langsung serangkaian ibadah shalat Isya, shalat Tarawih, tausyiah dan shalat Witir. Ibadah berlangsung dengan khusyuk dan khidmat meskipun sedang turun hujan deras. Hal ini tidak menyurutkan semangat para jamaah dalam melaksanakan shalat berjamaah. 

Dalam tausyiahnya yang disampaikan di sela-sela shalat Tarawih dan Witir, Syeikh Ahmad tidak lupa mengabarkan keadaan terkini di Palestina. Ribuan warga meninggal dunia dan ribuan lainnya terluka akibat serangan zionis. Beliau juga tidak lupa mengingatkan bahwa Allah mencintai hambanya yang berjihad dengan jiwa, raga, dan harta demi mendukung perjuangan saudara di Palestina.

“Dengan adanya safari dakwah ini kami mengajak para jamaah untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk berjuang membela dan membantu sauadara-saudara kita di Palestina. Karena di sana mengalami krisis pangan, air bersih, fasilitas kesehatan dan lain-lain. Setidaknya kita sudah membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di sana,” tutur Penerjemah Syeikh Palestina Ustadz Rifki.

Setelah sesi penyampaian Tausiyah oleh Syeikh Ahmad Kamaly tim Darul Itqan Aceh didampingi panitia Safari Dewan Dakwah Kota Langsa memutarkan video dokumenter tentang situasi perang di Gaza, dilanjutkan dengan pengumpulan donasi dari beberapa Masjid di Langsa, MTs MIM Langsa dan Kampus IAIN Langsa dan di akhir pertemuan masyarakat seluruh jamaah photo bersama Syaikh dan beserta para rombongan.
×
Berita Terbaru Update