Notification

×

Iklan ok

Mahasiswa Teknik Lingkungan USM Belajar Pengolahan Air Limbah Domestik Hermes Palace Hotel

Rabu, 01 Mei 2024 | 10.42 WIB Last Updated 2024-05-01T03:42:39Z

GEMARNEWS.COM, BANDA ACEH -
 Sejumlah Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sawage Treatmen Plant (STP) Hermes Palace Hotel Banda Aceh dengan tujuan belajar secara langsung cara pengolahan air limbah domestik hotel, Selasa (30/04/2024).

Dalam kunjungan tersebut diterima oleh Alvionitha N.W, HRD Hermes Palace Hotel Banda Aceh. Sebelum berkunjung ke IPAL dilakukan penjelasan pengolahan air limbah domestik Hotel Palace Hermes dalam ruangan yang dipandu oleh Andi Ronal, Chief Engineering Hermes.

Andi Ronal, mengatakan bahwa semua air limbah domestik yang dihasilkan dari operasional hotel dilakukan pengolahan dengan Sawage Treatmen Plant (STP) secara aerobic. Air limbah domestik berasal dari kamar tidur, laudry dan dapur dilakukan pengolahan secara kontinyu di STP, terang Ronal.

Lebih lanjut, Ronal menjelaskan air limbah Black Water dan Gray Water berasal dari kamar dilakukan pengadukan dengan bantuan bakteri untuk mempercepat proses pengolahan, sehingga menghasilkan air limbah domestik dibawah baku mutu yang tetapkan oleh pemerintah yaitu PermenLHK-RI Nomor 68 tahun 2016 tentang Baku mutu air limbah domestik.
Sedangkan air limbah berasal dari dapur dan laundry dilakukan pemisahan lemak dan minyak pada instalasi greastrap.

Greastrap berfungsi untuk memisahkan minyak dan lemak sebelum dialirkan ke STP, sehingga air limbah masuk ke STP sudah terpisah dengan minyak dan lemak, ucap Ronal.

“Air limbah masuk ke dalam IPAL STP mengikuti proses pengolahan terdiri dari proses influent Chamber, proses Ekualisasi, proses An Aerob, Proses Aerob, Proses Klarifier dan terakhis masuk ke bak Enfluent”, terang Ronal yang didampingi oleh Fajrin dan Ari Kinsako.

Sedangkan, Ir. Bahagia, ST, MT, IPM pengasuh matakuliah Perencanaan Bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah mengatakan kunjungan lapangan IPAL STP Hermes Palace Hotel Banda Aceh merupakan untuk penerapan matakuliah IPAL kepada mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah.

“Kita berkunjung ke Hermes dengan tujuan belajar langsung cara pengolahan air limbah domestik hotel dan sumber air limbah hotel”, terang Bahagia.  
Tujuan kunjungan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah tentang pengelolaan IPAL Sawage Treatmen Plant (STP) dengan cara belajar lapangan ke Instalasi Pengolahan Air Limbah STP Hermes Palace Hotel.

Selama kunjungan juga didampingi oleh Dr. Ir. Irhamni, ST, MT, IPM Dosen Teknik Lingkungan USM.

"Kami atas nama Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah mengucapkan terima kasih kepada Manajemen Hermes Hotel telah menerima kunjungan kami untuk belalar IPAL STP di Hermes Palace Hotel", ucap Bahagia. 
×
Berita Terbaru Update