Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Bedanya Sakit Tenggorokan Dengan Covid - 19

Jumat, 19 Juni 2020 | 13.45 WIB Last Updated 2020-06-19T06:45:00Z


Gemarnews.com, Masyarakat mengalami kekhawatiran karena wabah covid-19. Gejala dari penyakit virus covid-19 ini mirip-mirip dengan radang tenggorokan namun akibat yang ditimbulkan lebih parah.

Akhirnya, gejala-gejala radang tenggorokan seperti tenggorokan sakit dan gatal pun menimbulkan ketakutan tersendiri. Lantas, apa yang membedakan radang tengorokan dengan infeksi virus Corona atau COVID-19?

Covid-19 adalah penyakit yang menyasar ke saluran pernapasan. Gejala dari covid-19 biasanya tergolong ringan, bisa muncul secara bertahap dan bisa semakin parah seiring waktu.

Menurut Harvard Health Publishing yang dilansir dari kesehatan.kontan.go.id, gejala umum Covid-19 adalah demam, badan terasa sakit, batuk kering, kelelahan, meriang, tak nafsu makan, dan tak peka terhadap rasa dan bau.

Penderita COVID-19 juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan pilek yang merupakan gejala umum dari radang tenggorokan. Namun, gejala ini jarang terjadi pada pasien COVID-19.

Sementara penyakit radang tenggorokan adalah penyakit yang bisa terjadi akibat infeksi virus atau bakteri , juga bisa jadi disebabkan oleh alergi, stress bahkan dehidrasi.

Biasanya gejala umum yang dialami adalah demam, tenggorokan gatal bahkan sakit, dan tak nyaman saat menelan.

Gejala-gejala yang disebutkan tadi belum tentu terkait dengan virus corona. Gejala-gejala ini biasanya bisa sembuh sendiri dalam waktu 4-7 hari.

Namun apabila anda ingin lebih memastikan apakah gejala yang anda alami benar-benar radang tenggorokan atau covid-19, sebaiknya Anda perlu melakukan pemeriksaan tes Covid-19 apabila gejala yang anda alami tidak kunjung membaik dalam waktu 4-7 hari.(*)

×
Berita Terbaru Update