Notification

×

Iklan ok

MOBIL MASJID TANGGUH BPBA AMAN COVID-19

Senin, 29 Juni 2020 | 23.28 WIB Last Updated 2021-05-19T09:58:12Z

Dok.Foto Masyarakat sedang shalat di atas Mobil Masjid Tangguh BPBA 


Gemarnews.com.- Banda Aceh , Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) di masa pandemi covid-19 menfungsikan mobil masjid tangguh sebagai inovasi di era new normal untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat akan pandemi covid-19.  Mobil masjid tangguh BPBA ini difungsikan dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan fasilitas tempat ibadah yang bersih dan aman sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di sarana publik.

Mobil masjid tangguh BPBA memiliki beberapa fasilitas antara lain sepuluh kran air untuk bewudhu, sabun, tangga naik ke tempat shalat, karpet, sound system. Untuk menjamin tersedianya air bersih bagi jamaah saat berwudhu, mobil ini didukung oleh mobil tangki air BPBA. 

Kepala Pelaksana BPBA, Ir. Sunawardi, M.Si mengatakan kepada media ini  mobil ini bisa menampung sekitar 28 jamaah namun seiring dengan pandemi Covid-19 pengoperasian mobil masjid dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Aceh. Artinya setiap jamaah shalat di mobil tersebut, diwajibkan mengikuti prosedur sesuai protokol kesehatan antara lain penyemprotan rutin mobil masjid setiap kali akan difungsikan, pemeriksaan suhu tubuh jamaah, pakai masker dan jaga jarak shaf sehingga mobil masjid hanya menampung sekitar 13 jamaah.

Protokol kesehatan diberlakukan guna menjamin rasa aman dalam beribadah sehingga mobil ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang berada di tempat umum dan jauh dari masjid.Senin , 29 Juni 2020.

Mobil masjid di fungsikan pada pusat pusat pasar atau pusat keramaian lainnya utk mengurangi kerumunan jamaah ketika hendak menunaikan salat berjamaah, terutama shalat dhuhur dan ashar. Strategi tersebut merupakan salah satu strategi utk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di kota banda aceh dan sekitarnya pungkas Ir.Sunawardi. (Red )

×
Berita Terbaru Update