Notification

×

Iklan

Iklan

Respon Banjir, PMI Aceh Kerahkan Relawan

Selasa, 08 Desember 2020 | 15.10 WIB Last Updated 2020-12-08T08:10:21Z

Penyerahan pataka PMI oleh Ketua PMI Aceh Murdani Yusuf kepada Koordinator Lapangan, Fauzi Husaini menandai pemberangkatan relawan dan logistik dari Markas PMI Aceh ke lokasi bencana banjir di Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, dan Aceh Timur, 
Gemarnews.com, Banda Aceh - Respons tanggap darurat dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) dengan mengerahkan personel ke lokasi banjir yang melanda Aceh Utara, Kota Lhokseumawe dan Aceh Timur, Selas (8/12/2020).

Pengerahan personel itu dimaksud untuk membantu penanganan bencana, membantu korban banjir. Khususnya, korban yang hingga kini rumahnya masih digenangi air.

"Pengerahan sumberdaya dilakukan, baik relawan maupun peralatan pendukung lainnya. Pengerahan personel ini membuat rencana operasi kegiatan penanganan pelayanan di bidang penanggulangan bencana, kesehatan, dan mendistribusikan bantuan untuk pengungsi. jelas Ketua PMI Aceh, Murdani Yusuf, SE didampingi kepala Markas PMI Provinsi Aceh, Surya Candra Nasution.

Pengerahan relawan dan logistik dari PMI Aceh ditandai penyerahan pataka PMI kepada Koordinator Lapangan, Fauzi Husaini didampingi 15 relawannya, di Markas PMI Aceh di kawasan Ajuen-Jempet, Aceh Besar.

Murdani Yusuf mengakui masih ada hambatan dan kendala untuk pemenuhan kebutuhan di lapangan, baik disebabkan masih miniminya data korban maupun keterbatasan logistik di gudang PMI Aceh.

Untuk itu, pihaknya menurunkan relawan sebanyak 15 orang yang akan bertugas selama enam hari terhitung 8 Desember 2020 di lokasi bencana.

“Yang terpenting sekarang kita harus melakukan respons cepat terhadap kondisi di lapangan. Insya Allah semuanya akan tertangani dengan baik,”tambahnya.

Sukarelawan PMI juga melakukan observasi terkait dampak yang diakibatkan dari bencana tersebut. Di samping, tetap melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir.

Sukarelawan yang diterjunkan memberikan pelayanan kepada korban selama 24 jam. Sehingga, jika ada korban yang membutuhkan bantuan, dengan cepat personel menuju ke lokasi.

“Insya Allah tim kita bisa lebih memperkuat upaya penanggulangan bencana dalam masa-masa darurat di masing-masing zona bencana,”pangkas Murdani.

Pihaknya memobilisasi bantuan darurat berupa family kit (88 boks), hygen kit (238 boks), jerigen (915 pcs), selimut (500 lembar), terpal (450 lembar), kelambu (500 lembar), kichen set (250 set), kain sarung (600 lembar), baby kit (36 boks), dan tas P3K (6 tas), jelas Kepala Markas PMI Aceh, Surya Chandra Nasution, kepada Gemarnews.com

Bantuan tersebut akan didistribusikan untuk korban banjir di Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, dan Aceh Timur sesuai kebutuhan dan prioritas di masing-masing lokasi.

“Kita juga membawa bantuan berupa water tank untuk kebutuhan penampungan air bersih di lokasi bencana,” kata Surya Chandra. (nas)

×
Berita Terbaru Update