Notification

×

Iklan

Iklan

Sembilan Desa di Pijay Menjadi Desa Wisata Buah

Selasa, 22 Desember 2020 | 17.54 WIB Last Updated 2020-12-22T10:54:30Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Dalam pencanangan program Desa Wisata Buah di Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya, Desa Blang Reu menggagas membagikan bibit tanaman bagi masyarakat untuk dibudidayakan dalam tahap awal ini. Bibit tanaman yang dibagikan Durian dan Rembutan bagi warga.

Pembagian bibit rembutan dan durian ini untuk 47 Kepala Keluarga (KK) di Desa Blang Reu, Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya, ujar Syakban Keuchik Blang Reu, kepada Gemarnews.com, Selasa (22/12/2020).

Pembagian bibit ini untuk mencanangkan pogram wisata buah dan peningkatan ekonomi masyarakat, semua itu menggunakan anggaran tahun 2020, ujarnya.

"Pembagian bibit ini diperuntukan untuk 47 kk, dengan rincian perkk mendapatkan 20 bibit, 10 bibit durian dan 10 bibit rembutan"

Syakban berharap pembagian bibit ini untuk di tanam dan di budidayakan, jangan di jual, karena ini merupakan untuk peningkatan ekonomi masyarakat kedepanya serta mari kita jadikan desa kita sebagai desa wisata buah kedepan,InsyaAllah, pangkasnya.

Wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi, SE. M.Si, di Wakili Kabid Pembedayaan Masyarakat, DPMG Pidie Jaya, Said Fachrul Razi, SKM, S.Sos, M.Si,mengatakan, pogram ini merupakan pogram yang bagus untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan dana desa tahun 2020.

"Pogram ini sesuai dengan intruksi pemerintah pusat dalam pemberdayaan ekonomi dan pemanfaatan lingkungan, kenapa orang lain bisa kenapa kita tidak", terangnya.

Said menambahkan Blang Reu merupakan target desa wisata buah dari 9 desa di Kacamatan ulim, Tahun 2020 hanya desa Blang Reu yang terealisasi, sedangkan 8 desa lain akan menjadi prioritas tahun 2021, karena anggaran di peruntukan untuk pembagian BLT - DD.

Pak keuchik dalam pemanfaatan dana desa jangan ada pogram untuk pembagian uang bagi masyarakat, mari kita canangkan pogram yang bisa membangkitkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap,Desa Blang Reu menjadi desa yang tren dengan kebun buah sebagai agrowisata dapat menjadi salah satu usaha pemberdayaan masyarakat. 

Pantauan Gemarnews.com dalam kegiatan penyerahan bibit tersebut turut di dampingi oleh TA P3MD Kabupaten, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Ulim, Pendamping Lokal Desa (PLD), dan masyarakat. (nas)
×
Berita Terbaru Update