Notification

×

Iklan

Iklan

Dayah Darul Quran Aceh Terima Santri Baru, Jalur Prestasi Gratis Biaya Pendaftaran dan Bebas Tes Tulis

Minggu, 03 Januari 2021 | 14.23 WIB Last Updated 2021-01-03T07:23:54Z

Gemarnews.com, Aceh Besar - Dayah Darul Quran Aceh (DQA) kembali membuka pendaftaran santri baru (PSB) Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendaftarannya secara online dan dapat dilakukan dari rumah melalui handphone dengan mengakses website www.dqa.sch.id.

Ketua Panitia PSB Dayah DQA, Yevi Yusnanda SE, Minggu (3/1/2021) mengatakan PSB tersebut melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi dan reguler. Untuk jalur prestasi pendaftarannya mulai 2 - 9 Januari 2021 sedangkan jalur reguler 22 - 30 Januari 2021.

“Bagi yang menempuh jalur prestasi, akan mendapatkan gratis biaya pendaftaran dan bebas tes tulis. Tetapi tetap mengikuti tes wawancara. Sedangkan jalur reguler harus mengikuti seleksi ujian tulis berbasis komputer, tahsin alquran serta wawancara calon santri dan orang tua,” kata Yevi Yusnanda.

Ia menjelaskan pendaftar di jalur prestasi haruslah memenuhi kriteria, diantaranya termasuk ke dalam peringkat 5 besar di sekolah yang dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari sekolah. 

Dan yang memiliki prestasi di bidang Al-Quran atau akademik dan non-akademik dengan seleksi yang resmi diselenggarakan oleh pemerintah dan lembaga tertentu. 

Prestasi yang dimaksud diantaranya pernah mendapat juara I, II, atau III di tingkat Kabupaten/Kota/Propinsi/Nasional/Internasional yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan.

“Fotocopy berkas pendaftaran tersebut dimasukkan dalam map kemudian dikirem atau diantar langsung ke Dayah DQA, Jln Banda Aceh-Medan KM 19 Desa Tumbo Baro, Kec. Kuta Malaka, Kab. Aceh Besar, mulai 2-9 Januari 2021,” kata Yevi Yusnanda.

Ia menambahkan bagi pendaftar jalur reguler seleksinya terdiri dari ujian tulis berbasis komputer. Tingkat SMP materi tes meliputi matematika, IPA dan Pendidikan Agama Islam. Adapun untuk SMA ditambah bahasa arab dan bahasa inggris. 

Selanjutnya juga mengikuti ujian tahsin al-quran serta terakhir wawancara calon santri dan orang tua.

“Untuk informasi pendaftaran dan pelaksanaan tes dapat langsung menghubungi panitia PSB yaitu Ustaz Yevi Yusnanda, SE Hp.085260131612 dan Ustaz Budi Muyasir, SH Hp.082368771690, pada jam kerja mulai pukul  08.00 WIB – 17.00 WIB,” kata Yevi Yusnanda.

Sementara itu Direktur Dayah DQA Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz, MA menjelaskan bagi remaja yang ingin mengambangkan dirinya terutama dalam membaca, menghafal, memahami dan mengamalkan alquran, maka lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu sangat cocok untuk menempa generasi menjadi yang terbaik. 

“Sebagaimana diketahui saat ini sebagiannya menghafal alquran, akan tetapi kurang pemahamannya dan kurang aplikatif. Dan Dayah DQA hadir untuk memberikan solusi terbaik kepada para orang tua dan juga putra putri Aceh untuk mempelajari dan mengamalkan Alquran secara menyeluruh. InshaAllah,” pungkas Ustaz Hajarul Akbar. (M)



×
Berita Terbaru Update