Notification

×

Iklan ok

Boihaqqi Muchdijah : KNPI Harus Mendongkrak Posisi dan Mempertajam Peran

Jumat, 02 April 2021 | 17.48 WIB Last Updated 2021-04-02T11:54:57Z

Boihaqqi Muchdijah
Gemarnews.com, Pidie Jaya - Sebagai organisasi tempat berhimpun, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Pidie Jaya diminta untuk mendongkrak kembali posisi dan mempertajam perannya, yaitu dengan melakukan revitalisasi dan re-orientasi organisasi, sejalan dengan dinamika generasi muda dan perubahan masyarakat masa kini.

Revitalisasi dimaksudkan untuk memperkuat sendi-sendi organisasi. Sedangkan reorientasi dibutuhkan sebagai upaya untuk merumuskan kembali fungsi dan peran KNPI kabupaten Pidie Jaya secara kongkret di tengah-tengah masyarakat yang tengah dan terus berubah.

Harapan tersebut disampaikan Boihaqqi Muchdijah Mantan Bendahara Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PB PII, kepada Gemarnews.com, Jumat (2/4/2021).

Hal tersebut didasari keterlibatan KNPI Pijay dalam program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pijay dewasa ini, terkesan lebih bersifat rutinitas. Tidak adanya terobosan-terobosan baru yang menggugah dinamika dunia kepemudaan dan masyarakat pada umumnya.

“Padahal saat ini dan ke depan tantangan dan persaingan semakin kompetitif. bukan saja antar pemuda di daerah ini, di provinsi Aceh dan di tanah air, tetapi juga dengan pemuda dari negara lain,” jelas Boi.

Untuk itu ke depan, sambung Boi, KNPI Pijay harus semakin menunjukan dan membuktikan eksistensi dan perannya, bukan hanya pada kegiatan berupa ‘lips service’ tetapi kegiatan-kegiatan yang menjadi kebutuhan dan harapan bagi seluruh generasi muda.

Untuk menjawab tantangan diatas, memberikan beberapa kiat yang harus dilakukan oleh KNPI Pijay guna mengembalikan citra dan membangkitkan kembali semangat dan kepercayaan dari kaum muda.

Pertama, KNPI Pijay diharapkan mampu berperan menjadi perekat persatuan, khususnya antar sesama pemuda.

Kedua, KNPI harus dapat memposisikan diri sebagai mitra bagi pemerintah Pijay dalam upaya mensukseskan pembangunan. mencari ide-ide solutif bagi alternatif pemecahan masalah - masalah kemasyarakatan dan pembangunan.

Ketiga, menjadi pusat informasi kepemudaan dan wadah tukar ide dan gagasan dalam upaya untuk ikut memberi solusi kepemudaan dan daerah.

Keempat, KNPI harus mengubah dirinya menjadi mediator dan fasilitator sekaligus sebagai aktor bagi pengembangan potensi ekonomi dan enterpreunership, seni budaya dan kreatifitas yang dimiliki kaum muda di daerah ini, pangkas anak muda Rima ini. (nas)
×
Berita Terbaru Update