Notification

×

Iklan

Iklan

Apasih Untuknya Belajar Filsafat??

Senin, 31 Mei 2021 | 16.05 WIB Last Updated 2021-05-31T09:05:58Z

Oleh : Yuki
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Syiah Kuala

Gemarnews.com - Filsafat artinya pecinta kebijaksanaan, adalah studi yang mengkaji tentang masalah yang mendasar dan membahas tentang persoalan umum seperti akal, pikiran, nilai, pengetahuan dan lain-lain. 

Berdasarkan penelitian filsafat itu adalah ilmu yang mencakup inti dari segala ilmu pengetahuan yang ada. 

Mempelajari filsafat sangat penting bagi kita semua karena di dalam nya telah semua membahas tentang masalah yang kita hadapi dan bagaimana cara penyelesaian nya menggunakan akal pikiran kita sendiri. 

Di segelintir orang menganggap bahwa orang yang berfilsafat itu di sebut orang gila, bahkan bicara nya tidak bisa di mengerti oleh orang lain. Tetapi tanpa di sadari bahwa mempelajari filsafat itu sangat lah penting bagi dirinya dan orang lain karena dari ilmu filsafatlah maka lahir ilmu-ilmu baru seperti sekarang ini, banyak berkembang ilmu-ilmu lain seperti politik, ilmu ekonomi dan masih banyak lagi. 

Imam ghozali mengatakan bahwa seseorang yang tidak mengetahuai banyak hal tanpa menggunakan filsafat dan tidak akan menguatkan ilmunya. Berarti alangkah ruginya jika seseorang jika tidak belajar filafat dalam hidupnya. Padahal dengan belajar filsafat kita akan dengan sendiri melatih diri kita menjadi seorang manusia yang utuh, dengan kata lain mampu berfikir tentang apa yang kita alami secara mendalam, rasional dan juga bisa berkomunikasi dan merangkai kata dengan baik.
 
Dengan belajar filsafat kita mampu menyelesaikan masalah-maslah yang kita temui secara kritis dan juga mendalam berkat ilmu filsafat ini. Bahkan kita mampu menangani masalah kehidupan selama di dunia secara tidak terduga melalui pemikiran kita sendiri. 

Seseorang yang berfilsafat mampu melihat masalah dari berbagai aspek, sehingga kita bisa menyelesaikan nya secara kritis dan logis sehingga tidak bisa menerima pendapat-pendapat orang lain begitu saja tanpa memikirkannya terlebih dahulu tentang bagaimana kedepannya jikalau menerima pendapat tersebut. 

Jadi berfilsafat ini nilai-nilai hidup kita akan berlaku sepanjang masa, ilmu yang kita pelajari akan kita pergunakan di kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia. 

Maka dari itu berhentilah mengatakan bahwa dengan berfilsafat itu bisa membuat kita gila karena filsafat itu sangat penting bagi kita dan banyak sekali mafaat - manfaat yang bisa kita ambil dengan belajar filsafat ini. (*)
×
Berita Terbaru Update