Notification

×

Iklan ok

PK Bireuen Adakan Diklat Manajemen Kepala Sekolah Tingkat SD dan TK

Jumat, 21 Mei 2021 | 16.31 WIB Last Updated 2021-05-21T09:31:33Z

foto:lenteranasional.com

Gemarnews.com, Bireuen - Pendidikan dan Latihan (Diklat) Manajemen Kepala Sekolah tingkat SD dan TK se- Bireuen diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Bireuen terkhususnya di Aceh.

Pendidikan sangat penting bagi pembangunan bangsa dan negara serta karakter anak bangsa sebagai penerus bangsa dan negara ini.

"Sehingga dalam Diklat (Pendidikan dan Latihan) ini kami berusaha meningkatkan pendidikan bisa berjalan sesuai aturan dan koridor," ungkap Kepala Dinas PK Kabupaten Bireuen Drs M. Nasir, M.Pd, di Bireuen Jaya Hotel, Kota Juang, Jumat (21/5/2021).

M.Nasir menjelaskan, para kepala sekolah dipandang sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di sekolah sehingga pihaknya harus memberikan Diklat agar mampu mengelola sekolah sebagai tanggungjawab utama dengan baik.

"Sehingga mereka bisa mengatur kegiatan itu dengan sebaik mungkin sehingga pendidikan semakin berkualitas dan bermutu. Kepsek (kepala sekolah) juga kita dorong untuk profesional dalam menjalankan tugas sesuai tupoksinya.

Dalam laporanya M.Nasir mengukapkan dalam meningkatkan SDM di Bireuen masih banyak kekurangan yang dihadapi dalam mengelola pendidikan.

"Kekurangan dimaksud antara lain seperti kurangnya guru kelas, seperti SD yang mencapai 649 orang. Selain guru, kita juga mengalami Kekurangan Kepala Sekolah, baik dari segi jumlah maupun segi Kompetensi. Selain itu, kekurangan juga dialami dari segi Sarana dan prasarana demikian pula dari sisi pendanaan pun masih minim," ujar Kadis.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan dapat menjawab dan menyelesaikan satu persatu persoalan yang sedang dihadapi Dunia Pendidikan di Kabupaten Bireuen,terangnya.

Sementara Bupati Bireuen, dalam sambutan yang dibacakan Assisten I, Zaldi, AP, S.Sos, MSM, memaparkan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bireuen mengucapkan terima kasih kepada Segenap Panitia Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah jenjang SD dan TK, yang telah ikut andil dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam menghadapi tantangan global sekarang ini dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan, organisasi yang bergerak di dunia pendidikan dan pemangku kepentingan lain atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam menumbuh - kembangkan dunia pendidikan, mempersiapkan generasi masa depan yang lebih baik.

"Proses pembangunan pendidikan kita hendak membangun manusia Indonesia seutuhnya sebagai subjek yang bermutu. Yaitu dengan mengembangkan seluruh potensi manusia melalui keseimbangan olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga," terang Bupati.

Langkah kita kedepan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan UUD 1945 secara tegas menyebutkan bahwa setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan.

Sejalan dengan itu, pemerintah terus bertekad memberikan perhatian yang besar pada pembangunan pendidikan, mengingat pendidikan mempunyai peranan strategis dalam pembangunan bangsa serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial, Ibarat tubuh, (sedikit cerita), agar tahan terhadap berbagai macam penyakit, haruslah daya imunitasnya ditingkatkan, satu di antara upayanya adalah
melalui vaksinasi.

"Mari kita tingkatkan upaya dan keikhlasan kita dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat. Dengan adanya Pelatihan Manajemen ini diharapkan dapat meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya, meliputi merencanakan, melaksanakan proses pelayanan, bimbingan dan kepemimpinan di satuan Pendidikan. Dan Semoga apa yang kita lakukan dalam dunia pendidikan selama ini, menjadi bagian dari amal ibadah kita," pungkasnya.

Hadir pada pembukaan pelatihan manajemen Kepala Sekolah tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen, Para Kepala Bidang, Panitia Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah dan Para Peserta Pelatihan serta hadirin dan tamu undangan. (*)
×
Berita Terbaru Update