Notification

×

Iklan

Iklan

Gampong Peurupok Menjadi Lokasi Magang Para Dosen Karawitan ISBI Aceh Dalam Melestarikan Rapai Pasee

Sabtu, 19 Juni 2021 | 23.55 WIB Last Updated 2021-06-19T16:55:59Z
Lhoksukon (Gemarnew.com) - Puluhan perkusi Rapa'i Pasee di bawah asuhan Syech Faizan tampil secara bergantian mempertunjukan kesenian musik tertua di Aceh utara ini dihadapan para dosen kesenian Karawitan ISBI Aceh yang melakukan magangnya di gampong tersebut, dalam pemaparannya syech Faizan menjelaskan sejarah usal-usul, cara membuat, dan juga tehnik menabuhnya, Grup Rapa'i Pasee ini telah banyak tampil di berbagai even, baik daerah, nasional bahkan pernah tampil ke pestas Dunia di Qatar.

Program studi seni karawitan merupakan salah satu program studi yang mencakup segala pengetahuan tentang musik tradisi suatu daerah. Dengan beragamnya pengetahuan yang harus dikuasai, para tenaga pengajar perlu mengadakan program magang dosen yang nantinya dapat membantu proses pembelajaran di Institut Seni Budaya Indonesia Aceh.
Seperti yang dilakukan oleh para Dosen Karawitan ISBI Aceh yang Melestarikan produk seni yang ada di Aceh dan mengambil tema “Kesenian Rapai Aceh”.

Dengan melakukan Magang di Desa Peurupok Kec. Syamtalira aron kabupaten Aceh Utara.

Angga Eka Karina, M.Sn Ketua Program Studi Seni Karawitan Mengatakan Magang Dosen ini memiliki tujuan untuk Menggali budaya aceh dengan narasumber lokal terkait alat musik tradisional Aceh Rapai Pasee, Dosen Prodi Karawitan mengasah kembali ilmu dengan Narasumber bagaimana teknik pukulan Rapai Pasee, dan Memperkuat Praktek dan Teori.

Ketua Tim Magang Dosen Karawitan ISBI Aceh juga menyampaikan Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 17-19 Juni 2021 bertempat di Desa Peurupok Kec. Syamtalira aron kabupaten Aceh Utara.(Red)
×
Berita Terbaru Update