Notification

×

Iklan ok

Perdana di Aceh, SLB TNCC Kota Banda Aceh Wisuda Siswa Disabilitas

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 23.52 WIB Last Updated 2021-10-02T16:52:10Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih mewabah menyebabkan terbatasnya aktivitas masyarakat dalam menyelenggarakan acara tertentu, seperti wisuda. Oleh karena itu, Sekolah Luar Biasa (SLB) The Nanny Children Center (TNCC) Kota Banda Aceh, merayakan kelulusan perdana SDLB dengan melakukan wisuda 6 siswa dengan ketunaan Autis, Tuna Grahita dan Tuna Rungu.

Ini merupakan wisuda perdana di Aceh pada umumnya dan Banda Aceh pada khususnya, ujar Kepala SLB TNCC Banda Aceh, DM. Ria Hidayati, S.Psi., M.Ed, di di Hotel Madinatul Zahra, Batoh, Sabtu (02/10/2021).

"SLB TNCC menjadi pelopor dalam apresiasi kepada siswa lulusan dengan cara yang istimewa." 

Kegiatan wisuda ini sudah direncanakan sejak bulan Mei 2021 lalu. Namun karena kondisi covid 19 di Banda Aceh meningkat sampai PPKM level 4 pada bulan Agustus lalu kegiatan ini ditunda. Setelah dipertimbangkan dengan matang dan persiapan dengan memperhatikan prokes maka kegiatan ini dilaksanakan hari ini, terangnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah I (Banda Aceh dan Aceh Besar), Bapak Mohd, Iqbal Ar, ST., M.Si. 

Dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya memaknai peran sebagai pendidik (guru dan orangtua) sehingga bisa bekerja dengan ikhlas agar dapat menjadi amal jariyah yang akan membantu kelak di akhirat, terang Kacabdin.

Selain itu, Ketua Yayasan Rumah Kita Indonesia (YRKI), DR. H. Dahlawi., M.Si yang juga memberikan sambutan menyampaikan pentingnya peran pemerintah untuk memperhatikan dan meningkatkan taraf Pendidikan di Sekolah Luar Biasa agar dapat menghasilkan lulusan yang dapat berdaya saing. 

Selain itu pentingnya dibuka jalur kerjasama dengan Dunia kerja dan Perguruan tinggi sehingga dapat menampung lulusan Sekolah Luar Biasa yang mampu pada jenjang Pendidikan tinggi.

Herry Yana Syuhada, S.Pd selaku ketua panitia acara menyatakan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh pengurus Yayasan, mitra kerja TNCC, wisudawan beserta orangtua/wali serta seluruh siswa/I didampingi orangtua. 

Kegiatan ini diisi juga dengan adanya performace para siswa SLB TNCC seperti tarian pasang jabet, penampilan kelas 1 sampai 6, dan juga penampilan massal guru dan siswa/I dengan koreo kreatif pada lagu aku bisa, kepompong dan senam gemari sebagai penutup rangkaian kegiatan wisuda hari ini. 

“Apresiasi besar dan positif disampaikan oleh para peserta kegiatan dan diharapkan kegiatan ini bisa menjadi program tahunan SLB TNCC Banda Aceh. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pemerhati dan praktisi di bidang Pendidikan khusus untuk dapat memberikan apresiasi dengan berbagai cara istimewa kepada siswa disabilitas. Student well being (kesejahteraan siswa) menjadi tujuan akhir pembelajaran dan kelulusan yang penuh penghargaan tentu akan mengantarkan mereka menjadi insan yang lebih menghargai diri dan berupaya lebih baik untuk meningkatkan taraf hidupnya” tutup DM. Ria Hidayati. (*)
×
Berita Terbaru Update