Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN UNIMAL Melatih Aplikasi Belajar Kepada Siswa SMPN 1 Wih Pesam Kepala Sekolah Siner Jaya : Ini Pertama Di Bener Meriah

Sabtu, 06 November 2021 | 22.10 WIB Last Updated 2021-11-06T15:10:29Z
Dok Foto : Kepala SMPN 1 Wih Pesam diapit oleh trainer mahasiswa KKN Unimal                                                                                                                                                            
Gemarnews.com, Bener Meriah - Guna meningkatkan kualitas siswa SMP Negeri 1 Wih Pesam dalam menghadapi tantangan kemajuan teknologi dan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikulsaleh Kelompok 118 Bener Meriah memberikan pelatihan kepada siswa dan siswi menggunakan aplikasi Prezi dalam presentasi.


“Saya Yusril Sinulingga selaku ketua kelompok 118 KKN UNIMAL, dikarenakan media pembelajaran itu sangat banyak dan ini merupakan hal baru yang menarik untuk digali, Prezi adalah sebuah website dimana isinya memiliki beberapa fitur yang bisa di pelajari oleh siswa dan siswi, dengan fitur ini mereka bisa mendesain poster dalam kanvas virtual, membuat room meeting, dan yang paling penting Prezi bisa digunakan oleh para siswa SMP Negeri 1 Wih Pesam untuk mempersentasikan materi  belajarnya bersama guru dan teman sekelasnya ”. Jelas Yusril. (6/11/2021)


Yusril juga menerangkan total siswa yang ikut sebanyak 40 orang dari perwakilan 4 kelas khususnya kelas 9, setelah pelatihan mereka langsung praktek penggunaan Prezi. Seperti yang kita ketahui selama ini kita persentasi hanya menggunakan power point, tetapi dengan Prezi kita bisa menggunakan fitur yang unik dan menarik,  contohnya kita bisa meng-upload video langsung dari youtube, bisa memasukkan file PDF secara langsung dan lebih banyak lagi. 


Berlangsung pada Kamis 4 November diruang TIK SMP Negeri 1 Wih Pesam, sosialisasi dan pelatihan yang digagasi oleh Yusril dan kawan-kawannya ini menuai respon cukup Antusias dari siswa dan para dewan guru disana, yusril bahkan mengakui para guru juga kepingin mendapatkan pelatihan yang sama, namun karena keterbatasan waktu mahasiswa KKN ini akan menjadwalkan kembali pelatihan Prezi untuk para Dewan Guru SMP Negeri 1 Wih Pesam.


Barqah Nafesa salah satu siswa yang antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut mengatakan ”aplikasi ini baru saya kenal dan aplikasi ini cukup menarik untuk dipelajari, Insya Allah aplikasi ini bisa saya temukan, sehingga bisa saya manfaatkan untuk proses belajar saya sekarang ini maupun dijenjang pendidikan selanjutnya”, kata Barqah Nafesa.  


Dian Harianto seorang Guru  SMP Negeri 1 Wih Pesam Kepada mengatakan 

“ini pelatihan skill yang berharga karena dengan model pembelajaran yang berbasis TIK dan Digital saat ini, dengan pelatihan Prezi persentasi menjadi lebih hidup dan bagi siswa bisa menjadi sarana untuk ekspresi diri dan berbagi ide dalam kanvas virtual. Kemampuan membuat persentasi yang baik dan menarik tentu akan memiliki nilai lebih, jika sudah mahir tentu bisa membuka jasa pembuatan persentasi”. Sebut Dian Harianto.

Demikian juga dengan  Kepala SMP Negeri 1 Wih Pesam Siner Jaya menjelaskan, untuk tingkat SMP dan SMA pelatihan Prezi ini pertama di Bener Meriah, awalnya Mahasiswa ini hanya sekedar ingin sosialisasi saja tentang aplikasi Prezi ini, namun ia meminta lebih dari sekedar sosialisasi. 

“saya meminta kalau bisa Praktik langsung, Alhamdulillah Yusril dan Kawan-kawan mahasiswanya memenuhi permintaan saya, untuk memberkan sosialisasi, pelatihan dan praktik langsung, saya berharap siswa dan para guru bisa terus belajar secara mandiri, mengingat waktu pelatihan terbatas dan yang dilatih hanya dasar-dasarnya saja”, harap Kepala SMP Negeri 1 Wih Pesam. (*)

Wartawan : Zakiya Mahe Bujang
Editor : Cut Ricky Firsta Rijaya
×
Berita Terbaru Update