Notification

×

Iklan ok

Wali Kota Pantau Pelaksanaan Pilchiksung, Dirjen Pemdes Berikan Apresiasi Kepada Kota Banda Aceh

Senin, 15 November 2021 | 07.40 WIB Last Updated 2021-11-15T00:40:17Z

Gemarnews.com, Banda Aceh – Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pilchiksung serentak hari ini dilaksanakan di 2 (dua) kota yaitu Banda Aceh dan Prabumulih. Pilchiksung ini dipantau langsung oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Pemdes Kemendagri) Yusharto Huntoyungo melalui zoom meeting.

Dalam laporannya, Dirjen Pemdes Kemendagri menyampaikan bahwa pelaksanaan pilkades atau pilchiksung ini sempat tertunda dikarenakan adanya virus corona varian baru di Indonesia.  

"Kita sempat melakukan penundaan sampai 8 Oktober 2021. Tersisa 80 daerah yang akan melakukan pilkades sampai Desember  2021," jelasnya, Minggu (14/11).
Dalam zoom meeting tersebut, turut hadir Forkopimda Kota Banda Aceh dan juga Prabumulih.

Pilchiksung ini berlangsung sebagaimana Permendagri no 72 tahun 2020 tentang pemilihan kepala desa.
Dalam rangka menyukseskan pilchiksung, Kota Banda Aceh, telah mengeluarkan Perwal nomor 45 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan protokol kesehatan.
"Di lapangan kami tetap memberlakukan prokes karena kita komit untuk menjaga level satu di Kota Banda Aceh," jelas Sekdako Amiruddin.

Kata Sekdako, ada sebanyak 24 gampong dari 9 kecamatan yang mengikuti pilchiksung serentak. Sebanyak kurang lebih 4582 DPT dengan 92 TPS.
"Di masing-masing TPS tidak lebih dari 500 DPT, dan ini juga sebagai arahan dari pak Dirjen," terangnya.

Dirjen Pemdes Kemendagri juga mengapresiasi Pemko Banda Aceh terkait penggunaan digitalisasi dalam penginputan pilchiksung. Hal ini dikarenakan Pemko Banda Aceh memiliki aplikasi yang dibuat khusus untuk menginput data hasil pilchiksung. (*)

Wartawan : Agusnaidi.B
Editor : Cut Ricky Firsta Rijaya
×
Berita Terbaru Update