Notification

×

Iklan

Iklan

Wasekum DMI ACEH hadiri Rakernas ke 2 di Jakarta

Jumat, 12 November 2021 | 20.28 WIB Last Updated 2021-11-12T13:28:02Z

Gemarnews.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Aceh, Ustadz Irhamullah Elmasudy menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke 2 Dewan Masjid Indonesia Tahun 2021 yang digelar di Kantor PP DMI di Jalan Matraman Raya Jakarta Timur pada 10-11 November 2021. 

Beliau Mewakili Ketua Umum PW DMI Aceh, Tgk. H. Fakhruddin Lahmuddin dan Sekum H. Mairul Hazami yang berhalangan hadir.

Rakernas DMI yang diikuti seluruh Pengurus Wilayah dari 34 provinsi, berlangsung dua hari, dan dibuka pada siang hari oleh Ketua Umum DMI, HM Jusuf Kalla. Pada kesempatan tersebut, seluruh pengurus wilayah menyampaikan perkembangan pengelolaan masjid di tanah air. 

Saat membuka Rakernas, Jusuf Kalla menyampaikan bahwa kesadaraan beribadah bagi umat Islam di Indonesia cukup tinggi. Hal itu ditandai dengan jumlah masjid yang bertumbuh pesat.

Ia menyebutkan, saat ini masjid di Indonesia berjumlah lebih dari 800 ribu, yang tersebar di banyak tempat. Seperti perkantoran, gedung-gedung, mal hingga tempat-tempat transit.

“Jumlah ini tentu saja jadi potensi besar untuk memaksimalkan kegiatan-kegiatan sosial serta bentuk perhatian agar bermanfaat bagi masyarakat,” harap JK dihadapan pengurus DMI dari seluruh Indonesia.

Sebelum pembukaan Rakernas oleh Jusuf Kalla, digelar Tasyakuran Pemanfaatan Gedung DMI yang memiliki 9 lantai tersebut. Acara dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Prof Dr Nasruddin Umar, Ketua Panitia Pembangunan Gedung DMI Rudiantara.

Peresmian Gedung PP DMI, dijadwalkan medio Desember 2021. "Insyallah, peresmian gedung DMI dijadwalkan dihadiri presiden Jokowi. Ini informasi yang disampaikan ketum usai bertemu Presiden di Jogya, bulan lalu," ujar Syafruddin

Dalam Laporan nya, Ustadz Irhamullah menyebutkan bahwa DMI Aceh telah melaksanakan berbagai program yang berkaitan dengan kemakmuran Masjid sesuai arahan dari PP DMI pada MUKNAS sebelumnya.

"Program Masjid Ramah Anak (MRA), Bantuan Disfektan untuk cegah Covid 19,  Kerjasama dengan BSI dengan layanan QRIS untuk memudahkan masyarakat melakukan transaksi Zakat, infak, shadaqah dan aktivitas keuangan lainnya untuk masjid, dan lain lain. Ujarnya yang juga Direktur LT3Q Elmasudy Aceh.

Rapat Kerja Nasional Dewan Masjid Indonesia (DMI) menetapkan Muktamar VIII akan digelar antara bulan Juli dan November 2023. Keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan situasi dampak pandemik covid-19 di tanah air yang belum tuntas hingga saat ini.

Demikian hasil Rakernas DMI yang ditutup oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Komjen Pol (Purn) Dr Drs H Syafruddin, MSi.

"Salah satu keputusan penting rakernas adalah Muktamar ke-8 akan kita gelar November 2023," ujar Syafruddin. (*)
×
Berita Terbaru Update