Notification

×

Iklan

Iklan

Bangun Inovasi Pendidikan untuk Tingkatkan Daya Saing

Kamis, 02 Desember 2021 | 21.56 WIB Last Updated 2021-12-02T15:03:12Z

Gemarnews.com, Lhokseumawe – Asisten I Bidang Pemerintahan Sekdakab Aceh Utara Dayan Albar, S.STP saat menyampaikan sambutan penutupan Diklat Pembinaan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah Angkatan II, Kamis (2/12) mengatakan sekolah harus mampu membangun inovasi pendidikan agar memiliki daya saing dan keunggulan.

“Apalagi di era revolusi industri 4.0, teknologi informasi berkembang pesat, bahkan di negara jepang tidak lagi kemjuan 4.0, tapi sudah 5.0, sehingga sekolah wajib membangun inovasi untuk menciptakan keunggulan disekolah masing-masing, jika tidak maka dikhawatirkan sekolah-sekolah tersebut akan ditinggalkan oleh masyarakat, karena orang tua dipastikan mencari tempat dimana sekolah yang lebih unggul dari sisi kualitas,” ungkapnya.   

Disisi lain, sekolah-sekolah swasta maupun dayah, urai Dayan Albar, sudah melangkah lebih maju dengan menciptakan keunggulan disetiap sekolah, makanya, sekolah negeri yang notabene milik pemerintah wajib mampu bersaing dan lahirkan inovasi cerdas.

Oleh karena itu, tambah Dayan, untuk menciptakan keunggulan itu dibutuhkan sinergisitas antara Kepala Sekolah dengan Komite Sekolah. “Komite Sekolah dan Kepala Sekolah wajib berkolaborasi untuk mencipktakan keunggulan, makanya sinergisitas sangat penting jika ingin membangun sekolah unggul dan memiliki ciri khas, dipastikan masyarakat sekarang akan mencari sekolah-sekolah yang memiliki keunggulan untuk memasukan anak-anaknya,” jelasnya.

Diklat Pembinaan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah itu diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Utara dengan melibatkan sekitar 320 peserta Kepala Sekolah dan Komite Sekolah tingkat SD dan SMP yang tersebar disetiap Kecamatan.

Sementara itu Kepala Sekretariat MPD Kabupaten Aceh Utara Dra. Khadijah, MM mengatakan kegiatan Diklat Pembinaan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah bertujuan agar sekolah-sekolah negeri yang tersebar di sejumlah kecamatan Aceh Utara mampu melahirkan dan menciptakan inovasi keunggulan, terutama yang berbasis Islam.

“Kepala Sekolah dan Komite Sekolah merupakan garda terdepan untuk menciptakan generasi unggul, paling tidak mampu mendidik anak-anak yang cerdas dan Islami, unggul matematika, unggul fisika, unggul kimia dan unggul yang lainnya, tapi tetap berbasis yang Islami, oleh karena itu paling tidak setiap sekolah satu saja memiliki keunggulan, dipastikan akan dilirik oleh masyarakat dan beramai-ramai anaknya masuk kesekolah itu,” sebutnya.

Disamping itu, Khadijah juga menyampaikan bahwa kegiatan Diklat Pembinaan Kepala Sekolah dan Komite sekolah dibagi dalam dua angkatan, dimulai dari tanggal 26 November s.d 2 Desember 2021 dengan melibatkan 320 peserta, menggunakan tempat di Hotel Lido Graha, Wisma Kuta Karang Baru dan Hotel Diana.(Red)
×
Berita Terbaru Update