Notification

×

Iklan

Iklan

Donor Darah di Empat Lokasi Kumpulkan Darah 181 Kantong

Kamis, 16 Desember 2021 | 21.50 WIB Last Updated 2021-12-16T14:50:13Z

Gemarnews.com, Banda Aceh - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh bekerja sama dengan tiga lembaga pemerintahan serta Kodam Iskandar Muda menyelenggarakan kegiatan donor darah pada Kamis (16 12/2021). Dari kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan darah sebanyak 181 kantong.

Empat lembaga yang hari ini menggelar donor darah ialah Dinas Sosial Provinsi Aceh berhasil mendapatkan darah sebanyak 51 kantong, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Aceh sebanyak 44 kantong, Sekretariat Badan Reintegrasi Aceh sebanyak 41 kantong, dan Rindam Iskandar Muda sebanyak 45 kantong.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, pihaknya melalui Unit Donor Darah setiap hari menyelenggarakan kegiatan donor darah, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan darah harian di Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

"Rata-rata kebutuhan darah untuk pasien di Banda Aceh dan sekitarnya itu 150 kantong per hari. Stok darah di PMI ini disalurkan ke sekitar 17 rumah sakit dan klinik," kata Dedi di Banda Aceh.

Dedi mengapresiasi para pihak yang berkomitmen menyelenggarakan kegiatan donor darah. Bagi Pemerintah Aceh, hal ini menjadi bukti komitmen dalam aksi ASN Berdonor. Sementara donor darah di Rindam IM merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang dilakukan PMI Kota Banda Aceh dengan Kodam IM.

Dedi berharap masyarakat tidak takut berdonor karena donor darah sendiri punya banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Diantara manfaat donor darah ialah menurunkan risiko jantung, memicu pembentukan sel darah baru, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

PMI Kota Banda Aceh setiap hari melakukan kegiatan donor darah. Jadwal donor darah yang dilakukan UDD PMI Kota Banda Aceh setiap hari diupdate di akun instagram PMI Kota Banda Aceh (@pmikotabandaaceh).

Sementara bagi masyarakat yang ingin melihat stok darah di PMI Kota Banda Aceh bisa melalui aplikasi Rumoh Pendonor yang tersedia di Google Play Store. (*)
×
Berita Terbaru Update