Notification

×

Iklan

Iklan

Minta Dibuka Bank Aceh, Tokoh Masyarakat Seunuddon Temui Wabup dan Pimpinan Cabang

Rabu, 08 Desember 2021 | 14.55 WIB Last Updated 2021-12-08T08:44:14Z
Gemarnews.com, Aceh Utara - Masyarakat Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara sangat berharap dibukanya unit layanan Bank Aceh Syariah (BAS) di kecamatan itu untuk memudahkan masyarakat dalam transaksi keuangan.

 Selama ini untuk mendapatkan layanan perbankan, masyarakat Seunuddon terpaksa harus ke Kota Pantonlabu yang jaraknya sekitar 15 Km. 

Kondisi ini cukup merepotkan masyarakat karena harus menyisihkan waktu yang cukup lama dan menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan layanan bank.

Demikian antara lain diungkapkan tokoh masyarakat Seunuddon Tgk Zulkarnaini saat audiensi dengan Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Selasa, 7 Desember 2021. Tgk Zulkarnaini yang juga Imum Mukim Seunuddon bersama Ketua Forum Geusyik Seunuddon Safril, didampingi oleh Camat Seunuddon Muslim Araly, SSos, dan sejumlah tokoh lainnya, secara khusus menemui Wabup Fauzi Yusuf untuk menyampaikan perihal harapan masyarakat terhadap layanan perbankan di kecamatan itu.

“Kalau kita lihat potensi ekonomi masyarakat Seunuddon tentu saja sangat layak adanya unit layanan perbankan di sana, misalnya potensi perikanan, baik perikanan tambak maupun perikanan laut, di mana setiap hari transaksinya cukup besar. Begitu juga potensi pertanian sawah, di sini merupakan areal sawah terbesar di Aceh Utara,” ungkap Muslim.

Menurut Muslim, sudah sangat lama masyarakat Seunuddon menginginkan dibukanya unit layanan perbankan, tapi hingga sekarang belum terwujud. 

“Kemarin kami juga sudah menemui Pimpinan Cabang Bank Aceh di Lhokseumawe, yaitu Bapak Taufik, sekaligus membawa surat dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat Seunuddon, Imum Mukim, Forum Geusyik, LSM, OKP dan Ormas seperti Tastafi, harapan kami semoga Bank Aceh dapat segera membuka unit di Seunuddon,” ungkap Muslim.

Pada kesempatan itu, lanjut Muslim, Pimpinan Cabang Bank Aceh Lhokseumawe sangat responsif dan menyambut positif keinginan masyarakat Seunuddon. Untuk itu, mereka akan segera melakukan evaluasi dan menyiapkan tim untuk meninjau ke Seunuddon.

Sementara Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengatakan pihaknya sangat mendukung harapan masyarakat untuk dibukanya layanan Bank Aceh Syariah di Kecamatan Seunuddon. 

Saat ini sebagian besar kecamatan di Aceh Utara telah memiliki layanan BAS, baik berupa Kantor Cabang Pembantu (KCP) maupun Paymen Poin.

Di Seunuddon, menurut Fauzi, sangat layak dibuka satu unit Kantor Cabang Pembantu (KCP) mengingat besarnya transaksi keuangan oleh masyarakat setempat. 

Potensi perikanan dan pertanian di sana merupakan salah satu lumbung pangan bagi Aceh Utara. Areal sawah di Seunuddon hampir seluruhnya telah beririgasi teknis, sehingga potensi panennya cukup besar. 

“Setiap panen terjadi transaksi keuangan yang nilainya miliaran rupiah, tentu peluang ini harus dimanfaatkan oleh Bank Aceh yang merupakan bank milik kita, milik Pemerintah Aceh,” ungkap Fauzi Yusuf.

Di sisi lain, lanjutnya, di Seunuddon juga terdapat jumlah ASN yang cukup banyak, baik dari kalangan guru, tenaga kesehatan (terdapat dua unit Puskesmas), maupun yang bekerja di instansi lainnya, di mana mereka setiap saat berhubungan dengan Bank Aceh, baik untuk menabung maupun untuk menerima pembayaran gaji.(Raj)
×
Berita Terbaru Update