Notification

×

Iklan

Iklan

Pemko Banda Aceh Ikuti Pembukaan Integrated Technology Event (ITE) Hybrid Event 2021

Kamis, 02 Desember 2021 | 17.11 WIB Last Updated 2021-12-02T15:04:47Z



Gemarnews.com, Banda Aceh Jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh mengikuti acara resmi Integrated Technology Event (ITE) Hybrid Event 2021 dengan tema Integrated Smart Infrastructure Development for Smart Cities melalui zoom meeting di ruang Media Center Kota Banda Aceh, Rabu (1/12/2021).

Turut hadir Kepala Bappeda Weri, Kabid PIP Diskominfotik, Rahadian, Kabid Smart City Rahmat Khadafi dan anggota serta perwakilan Dinas PUPR.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian didampingi oleh Dirjen Bina Adwil Kemendagri Dr. safrizal, ZA, M.Si dan Gubernur Jawa Timur Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.

Kegiatan ini adalah forum untuk saling tukar-menukar informasi, pengetahuan, dan pengalaman kerja sama dalam meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pengelolaan perkotaan yang berbasis teknologi digital. Pendekatan kota cerdas ini, terutama (diperuntukkan) bagi pemerintah daerah.

Sementara Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian, menjelaskan, fenomena penerapan smart city di sejumlah negara banyak yang berkembang. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini dimanfaatkan untuk mempermudah semua urusan, termasuk pemerintahan yang efektif, yang efisien, kemudian juga pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Menurut  Tito, komunikasi akan lebih intens karena menggunakan teknolog, baik antara pemerintah, antar pemerintah sendiri, tingkat pusat, tingkat daerah, sampai ke tingkat kecil, komunikasi internal juga bisa lebih baik, kemudian juga komunikasi dengan masyarakat makin intens.

"Dengan teknologi informasi masyarakat mau mengadu bisa lebih cepat, dan mengurangi kontak fisik. Sehingga dapat menekan moral, mencegah korupsi dan pungli, " terangnya.

Saat ini, lanjut Tito, Indonesia sedang berupaya menerapkan digitalisasi, mulai dari tingkat pusat hingga mendorong pemerintah daerah. Namun inisiatif dari sejumlah Pemda untuk menerapkan digitalisasi IT ini juga tidak sedikit.(Hus/Hz)
×
Berita Terbaru Update