Notification

×

Iklan ok

Alumni UMY Perkenalkan Kerawang Gayo ke Sebuah Musium Di Rusia

Selasa, 04 Januari 2022 | 09.42 WIB Last Updated 2022-01-04T02:42:59Z
Dok Foto : Ist


Gemarnews.com, Aceh Tengah - Memasuki tahun baru 2022 sebuah berita baik datang dari bidang seni dan budaya Indonesia, dimana salahsatu kekayaan pakaian tradisi khas Kerawang Gayo dari Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh resmi menjadi koleksi Museum Seni Oriental Negara (The State Museum of Oriental Arts) Moskow Negara Russia.  

Kerawang Gayo adalah pakaian tradisi, adat sekaligus pakaian kebesaran dan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan seni dan budaya masyarakat di Dataran Tinggi Gayo yang telah mendapatkan Warisan Budaya Takbenda (WBTB) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2015. 

Kain khas masyarakat dari daerah penghasil kopi terbaik dunia ini resmi menjadi koleksi Museum Seni Oriental Negara (The State Museum of Oriental Arts) Moskow Negara Rusia berdasarkan surat resmi dari petinggi museum dimaksud yang tujukan khusus kepada Salman Yoga S.  

Hal tersebut disampaikan oleh seniman dan budayawan Indonesia Salman Yoga S sendiri selaku contributor dua kostum Kerawang Gayo setelah ia menerima surat resmi dari pejabat tinggi Museum Seni Oriental Negara (The State Museum of Oriental Arts) pada akhir bulan Desember 2021 yang lalu.

Salman yang juga akademisi ini, kerawang Gayo yang menjadi koleksi dari Museum Seni Oriental Negara di Moskow itu diawali dari jalinan persahabatannya dengan seorang seniman juga akademisi, penulis sastra, peneliti timur jauh dan International Reviewer of Humanities Studies asal Rusia Victor Vogadaev. 

Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini menyebutkan surat resmi ia terima dari Museum Seni Oriental Negara (The State Museum of Oriental Arts) Moskow Negara Rusia dengan nomor: 1109/ 1-29 yang ditandatangani langsung oleh Professor A. Sedov selaku Director General.

Dalam surat satu halam tersebut disampaikan ucapan terimakasih yang tulus kepada Salman Yoga S selaku contributor atas dua lembar Kerawang Gayo yang sangat membantu dalam memperkaya dan mengembangkan koleksi Museum Seni Oriental Negara (The State Museum of Oriental Arts) dan telah berkontribusi dalam penguatan budaya antar dua negara.

Kerawang Gayo memiliki variasi dan berbagai ragam motif yang direfleksikan dari kehidupan dan alam, diaktualisasikan melalui berbagai media baik kain, papan juga dalam bentuk gerabah. 

Berdasarkan hasil penelitian Balai Arkeologi (Balar) Sumut reliefnya juga kompleks yang diketahui bahwa tembikar yang ditemukan di Gayo usianya sudah sangat tua dengan slip dan lapisan black waer dan red slip yang sangat kaya dan berbeda dengan gerabah di negera-negara lain di dunia. []

Wartawan : Agusnaidi.B
Editor : Cut Ricky Firsta Rijaya
×
Berita Terbaru Update