Notification

×

Iklan

Diduga segudang permasalahan di KIP,ini tanggapan ketua KIP Aceh Timur

Senin, 07 Februari 2022 | 15.11 WIB Last Updated 2022-02-07T08:19:40Z

Gemarnews com.Aceh Timur -beredar isu di kalangan masyarakat di Aceh Timur bahwa Kip Aceh Timur diduga banyak kehilangan data  termasuk data yang Selama ini di publikasikan setiap rapat internal perbulan adalah data-data yang sama ke gaduhan ini sudah berlangsung hampir setahun.Senin (7/2/2022).


Isu lain yang berkembang adalah dugaan terlalu jauh ketua KIP ikut melakukan intervensi terhadap sekretariat Kip dari pemecatan hari Saputra sebagai tenaga Sidalih sampai rekomendasi  evaluasi tenaga kontrak PPNPN.Dalam Minggu ini di kabarkan oleh seorang pengamat politik bung oktaranda akan ada dugaan penggeseran divisi SDM.


menurut pengakuan salah seorang bapak komisioner kepada ampon Okta,kabar ini  jelas sangat mengejutkan publik Aceh Timur, penggeseran ini di duga hanya untuk kepentingan pribadi untuk rekrutmen PPK.


Yang sangat aneh lagi di mana divisi SDM  di isukan di ganti oleh  salah seorang  komisioner yang rekam jejak ber orientasi dengan uang.


Tarkait banyaknya masalah di tubuh KIP Aceh Timur media  meminta tanggapan ketua LSM Kana  Muzakir.


Muzakir mengatakan bahwa Kip/KPU  Aceh Timur yang paling aneh di seluruh Indonesia tahapan tidak ada,masalah selalu ada.


Tambah zakir kali ini periode yang paling hancur sistem jiwa kepemimpinan nya tidak mempunyai (leadership) untuk memimpin sebuah lembaga sehingga publik menilai periode Kip Aceh Timur yang paling parah sepanjang sejarah dan Yang harus di ingat bahwa masa kerja komisioner hanya lima tahun tetapi pegawai itu sudah berkerja bertahun tahun.


Muzakir juga menambahkan tidak ada tahapan saja selalu terjadi komplik internal  apalagi kalau sudah mulai tahapan ini sangat berbahaya.hal ini di duga karena  kualitas pimpinan terlalu banyak meng otak Atik sistem yang sudah ada di luar kewenangan nya dan di duga menerima order pesanan untuk kepentingan tertentu.


pertanyaannya bagaimana mau menciptakan sebuah pesta demokrasi yang bersih di tubuh KIP saja tidak becus.


melalui media ini LSM kana membuka kotak  pengaduan bagi caleg yang pernah di ambil uang oleh komisioner  KIP Aceh Timur untuk segera melaporkan kepada lembaga kami  guna  untuk segera kita  daftarkan ke dkpp(dewan kehormatan penyelenggara pemilu) di Jakarta supaya  penyakit perusak pesta demokrasi di tubuh KIP Aceh Timur segera di bersihkan.


sampai saat ini Kana sudah menerima dua korban dan sudah memberi keterangan kepada lembaga kami  untuk segera kita tindaklanjuti sebut Muzakir.


Sementara itu ketua KIP Aceh Timur Nurmi, S.Ag saat di konfirmasi media ini mengatakan bahwa isu-isu tersebut tidaklah benar.


Lanjutnya "kami selaku tuan rmh KIP Aceh Timur  saja heran ketika disebut tentang Data yang hilang,dan msh aman-aman saja,kalau disebut tentang dpb,setiap bulan kita update dan ada di sosmed seperti IG,serta diberikan ke panwas,dan stakeholder terkait"nah data  mana yang dimaksud hilang.ujar ketua KIP tersebut.


Terkait dengan  intervensi? belum pernah dan jangan pernah,boleh langsung ditanyakan kepada sekretaris yng bertanggungjawab.


Di sekretariat tugas ketua salah satunya adalah bertindak kedalam dan keluar.Selama ini semua baik-baik saja,dan kalau terkait perekrutan PPNPN,sepenuhnya ranah sekretariat,bagaimana ketua intervensi? sejauh ini,sebatas koordinasi sekretaris dengan ketua.


sekeretaris menyampaikan dan membuktikan kepada kami kalau semua proses dilakukan sudah sesuai prosedur.


Masih lanjut ketua KIP "saya benar-benar heran,kok sepertinya ada Ketua KIP lain selain saya", untuk saat ini di Aceh Timur ya saya saja, yang berwenang buat undangan rapat,tidak tau apa-apa tentang ini, lagipula ini mutlak hak kami komisioner secara internal melakukan penyegaran atau tidak.


 di lingkup kami ber 5 dan tidak melanggar aturan yang ada.Saya rasa terlalu jauhlah yang berbicara itu,rumah kami yang paling tau dan kuasai ya kamilah, mana pula orang luar yang tidak ada kaitan apa-apa dengan lembaga.


KPU/KIP Kab/kota itu,jumlahnya 5 org,kami kerja kolektif kolegial,mana bisa ketua divisi misalkan disini SDM ambil keputusan sendiri? apapun keputusan dilingkungan kami,mesti melalui rapat pleno,setelah ada Berita Acara Pleno yang ditandatangani oleh kami baru bisa ada SK.Semua berdasarkan mekanisme,dan kami wajib merujuk pada regulasi demi regulasi yang ada.


Terkait dengan pergantian tidak akan ada pergantian atau penyegaran lebih lembutnya,bila tidak ada kesepakatan,dan kesepakatan penyegaran divisi itu mesti dilahirkan dalam rapat pleno kami ber 5.Ini urusan internal KIP, kenapa ada oknum orang luar terlalu dalam campuri dengan dalih pengawasan.


Terkait utak-atik sistem untuk kepentingan pribadi? dan adanya di KIP Aceh Timur silahkan datang ke kantor KIP dan jumpai sekretariat,mohon tanya apakah kami ada demikian? soalnya kalau saya saja yang jawab,nnti dikira bela diri.


samlai saat ini selama periode kami, belum pernah komisioner buat rapat pleno pemecatan pegawai sekretariat.


Komisioner itu satu dengan sekretariat,tugas sekretariat adalah memfasilitasi secara administrasi dan tekhnis segala kegiatan komisioner yang menyangkut tugas-tugas kantor.


Kita juga meminta dan berharap kepada media jika ada pemberitaan tentang KIP hendaknya di konfirmasi agar berimbang jangan menaikan satu pihak.ujar Arumi ketua KIP Aceh Timur.(Ddi/Zoel)

×
Berita Terbaru Update