Notification

×

Iklan

M.Hasbi tinjau lokasi banjir pada kecamatan Idi Rayeuk

Minggu, 27 Februari 2022 | 18.19 WIB Last Updated 2022-02-27T11:19:15Z

Dok foto:M.Hasbi SE.MM camat Idi Rayeuk bersama kepala desa Gampong Aceh saat meninjau lokasi banjir.


Gemarnews com.Aceh Timur-Hujan Deras semalaman yang terjadi di Aceh Timur mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir hampir selutut orang dewasa di Kampung Kuta Blang, Gampong Aceh dan Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, kabupaten Aceh Timur.Minggu (27/2/2022).Menerima laporan ada warga yang terdampak banjir, Camat Idi Rayeuk M.Hasbi SE.MM  bergegas mengunjungi lokasi banjir.


Menurut Heri kepala desa Gampong Aceh, banjir yang terjadi akibat hujan derasnya hujan dari malam hingga pagi hari, menyebabkan kurang lebih 70 rumah terendam banjir,namun warga masih bertahan ke rumah tetangga dan belum ada yang mengungsi.


“Hujan deras semalaman,ada 30 rumah yang tergenang, semalaman gak bisa tidur hingga harus menginap ke rumah tetangga,”ungkapnya.


Yang kami takutkan jika curah hujan tinggi maka debit air akan meningkatkan Serta warga terpaksa akan mengungsi,"kami berharap agar banjir cepat surut pungkas Heri.


Hal senada juga diungkapkan oleh kepala desa Kuta Blang kecamatan Idi Rayeuk Zulkifli kepada awak media ini mengatakan, kurang lebih 30 rumah warga terendam banjir namun belum ada warga yang mengungsi akan tetapi kita tetap waspada serta saya juga memberikan himbauan jika debit air naik maka segera mengungsi dan berkumpul di satu titik.pungkas Zulkifli.


Sementara itu M.Hasbi, Camat Idi Rayeuk saat berada dilokasi banjir mengatakan, kondisi curah hujan yang tinggi diharapkan masyarakat tetap waspada, disamping itu warga harus aktif berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk melakukan gotong royong membersihkan saluran drainase.


“Masyarakat harus bekerja sama dengan pemerintah desa, melaksanakan giat gotong royong membersihkan saluran drainase, sehingga genangan ini menjadi cepat surut,”ujarnya.


Lebih lanjut dikatakan, intensitas hujan diprediksi masih tinggi, oleh karena itu dirinya juga menghimbau agar masyarakat yang terkena banjir untuk segera melakukan evakuasi ke saudara dan tetangga yang tidak terdampak banjir dan mematikan aliran listrik dirumahnya.


Setelah meninjau lokasi rumah warga yang terdampak banjir pada desa Gampong Aceh dan kita Blang, camat langsung bergegas menuju ke desa Gampong Jawa tepatnya di desa kebun kelapa serta memberikan bantuan sembako tanggap darurat di karenakan beberapa Warga telah mengungsi.


“Kita tetap waspada serta berdoa semoga banjir segera surut, sehingga nantinya warga bisa beraktivias seperti biasa,” pungkasnya.(Ddi/Zoel).

×
Berita Terbaru Update