Notification

×

Iklan ok

Tindakan dalam penanggulangan Bencana Di Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 | 08.32 WIB Last Updated 2023-01-26T01:32:13Z
Oleh : Muhammad Aditia Rizki
Mahasiswa llmu Administrasi Negara Fakultas Fisip UIN Ar Raniry



Gemarnews.com, Opini - Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terdapat 3.531 kejadian bencana alam di Indonesia pada tahun 2022. Pada tahun 2022, bencana yang paling sering terjadi adalah banjir yaitu sebanyak 1.524 kejadian. Jumlah ini setara dengan 43,1 persen dari seluruh bencana nasional.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana). Kegiatan penanggulangan bencana pada dasarnya merupakan rangkaian kegiatan sebelum, pada saat dan setelah bencana terjadi untuk mencegah, mengurangi, menghindari dan memulihkan akibat dari suatu bencana. 

Muhammad Aditia Rizki, mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fakultas Fisip uin Arraniry menjelaskan bahwa, bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat karena faktor alam maupun faktor non alam. 

seperti faktor manusia yang menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Bencana alam menurut definisi disebabkan oleh faktor alam, tidak alami dan manusia. Oleh karena itu, UU 24 Tahun 2007 juga mendefinisikan bencana alam, bencana non alam dan bencana sosial.

Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh suatu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin puting beliung, dan tanah longsor.

Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa yang tidak wajar, antara lain kegagalan teknologi, kegagalan modernisasi, wabah penyakit, dan wabah penyakit. Tahun 2023 tinggal 18 hari lagi, namun jumlah bencana di Indonesia meningkat menjadi 81.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Rabu (18/01/2023).

Banjir sering terjadi di negara kita Ini menyebabkan banjir
hujan deras atau banjir. Alasan lainnya bisa jadi karena keadaan daratan di bawah laut atau lokasi catchment area yang sempit. Selain itu, banjir juga sering disebabkan oleh ulah manusia. Aktivitas manusia termasuk pembuangan limbah yang tidak teratur, seperti membuang limbah ke laut atau ke permukaan air, dan menebang pohon secara ilegal tanpa menanam kembali pohon tersebut, membuat pegunungan rentan dan tidak berkelanjutan selama hujan lebat sehingga terjadinya banjir.

Bencana alam memiliki dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang menghancurkan. Rusaknya infrastruktur dapat mengganggu aktivitas sosial, menimbulkan korban jiwa, merusak ekosistem dan kehilangan perlindungan.

Yang membuat masalah bencana ini menjadi masalah serius. Salah satu tindakan mendesak yang dapat kita lakukan jika terjadi bencana adalah:

Lindungi diri Anda dan orang yang Anda cintai,Jangan panik, Anda dapat menyelamatkan orang lain, Anda harus dalam keadaan aman, Melarikan diri atau menjauhi episentrum bencana tidak harus melibatkan harta. Melindungi diri Anda dari benda-benda yang dapat merugikan Anda.

Pelaksanaan penanggulangan bencana pada tahap darurat meliputi:

Penilaian lokasi, kerusakan, dan sumber daya yang cepat dan akurat, penetapan keadaan darurat bencana,
penyelamatan dan evakuasi korban bencana,
pemenuhan kebutuhan dasar,
Perlindungan Kelompok Rentan. 

Karena bencana yang dominan di Indonesia adalah banjir, tindakan berikut harus diambil selama banjir:

Evakuasi diri Anda dan keluarga Anda ke tempat yang lebih tinggi atau lebih aman, Persiapkan perlengkapan yang diperlukan selama evakuasi, seperti senter, korek api, penerangan dan perlengkapan darurat lainnya, Siapkan makanan kering atau cepat saji.

pemulihan bencana yaitu:

Bantuan darurat, Mendirikan pos komando tambahan, Daftar Catat,Penilaian kerusakan, pemulihan, Rehabilitasi, Rekonstruksi/ membangun kembali, serta melanjutkan keamanan.

Penulis berharap semoga dengan tulisan yang saya buat mendapatkan ilmu bagi pembaca sampai ke masyarakat lainya, Dan semoga Bnpb selalu berusaha lagi melakukan yang terbaik dalam penanggulang bencana di negara kita tercinta ini yaitu indonesia yang membuat indonesia tangguh menghadapi bencana.
×
Berita Terbaru Update