Notification

×

Iklan ok

UNMUHA Jalin Kerjasama dengan Kominfo Tentang Literasi Digitas Sektor Pendididikan

Jumat, 24 Februari 2023 | 12.15 WIB Last Updated 2023-02-24T05:15:41Z

Gemarnews.com, Jakarta – Rektor Universitas muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Dr. Aslam Nur MA, menandatangani perjanjian kerjasama dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informastika Republik Indonesia dalam acara Kick off Literasi Digital Sektor Pendidikan, Transformasi Digital di Era 5.0.

Penandatanganan tersebut dilakukan di Arya Nusa Ballroom 2,3 - Menara Danareksa Jalan Medan Merdeka Selatan No.14 Jakarta Pusat pada kamis, 23 Februari 2023.

Acara tersebut di hadiri oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc., M.M. beserta 31 Rektor Universitas seluruh Indonesia.

Acara Kick off Literasi Digital Sektor Pendidikan, Transformasi Digital di Era 5.0. dalam perjanjian tersebut tertuang Literasi Digital kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengomunikasikan konten/informasi yang terdiri dari empat pilar, yaitu digital skill, digital culture, digital safety, dan digital ethics dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama ini mencakup kegiatan sebagai  pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang Aplikasi Informatika, penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital termasuk tetapi tidak terbatas pada seminar, perkuliahan umum, dan kegiatan pembentukan dan pendampingan Pandu Digital, untuk meningkatkan kapabilitas, kualitas, dan kecakapan sumber daya masyarakat dan civitas akademika.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc., M.M, mengharapkan bahwa kerjasama ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk berbagai kegiatan dimana kampus bisa berperan aktif mencerdaskan masyarakat dalam hal literasi digital, salah satu tindaklanjut kerjasama ini bisa dalam bentuk program Kuliah kerja nyata.

"Mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang aplikasi informatika, menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital serta melakukan pembentukan dan pendampingan Pandu Digital melalui seminar, workshop, dan Training of Trainer (ToT) di lingkungan Universitas." ucapnya.

Menugasi pejabat atau profesional yang berkompeten pada penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital dan memberikan materi bidang aplikasi informatika yang relevan dengan penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital. 

Setelah penandatangan tersebut dilanjutkan dengan Talkshow "Tranformasi Digital di Era 5.0" dengan Narasumber, Bonifasius Wahyu Pudjianto dan Dedy Permadi diakhiri dengan tanya jawab. []
×
Berita Terbaru Update