Notification

×

Iklan ok

Jemaah Haji Indonesia Nekat Membawa Rokok

Minggu, 18 Juni 2023 | 17.14 WIB Last Updated 2023-06-18T10:14:56Z

Ilustrasi Jamaah Haji

Gemarnews.com, Arab Saudi - Meski sudah diingatkan berulang kali sejak dari asrama haji, namun masih ada saja jemaah yang nekat melanggar aturan membawa rokok. Seperti yang dilakukan jemaah haji asal kelompok terbang (Kloter) 65 Embarkasi Surabaya (SUB-65). Beberapa jemaah nekat membawa rokok dalam jumlah besar.

Saat diperiksa petugas imigrasi, ada dua koper jemaah yang penuh terisi dengan ratusan bungkus rokok. Empat koper lainnya, ditemukan rokok dalam jumlah banyak yang dicampur dengan baju.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Haryanto mengatakan, barang bawaan jemaah yang berlebihan itu terdeteksi saat kopernya melewati pemeriksaan X-Ray Bea Cukai Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

“Satu kloter yang mendarat di Jeddah SUB-65, ada permasalahan jemaah haji membawa 6 koper, 2 di antaranya adalah rokok semua, dan yang 4 ada baju juga ada rokok,” kata Haryanto, Sabtu (17/6/2023) malam.

Petugas kemudian membongkar paksa keenam koper jemaah tersebut. Seluruh rokok disita petugas Bea Cukai Arab Saudi.

“Nah yang boleh dibawa adalah koper yang dalam keadaan kosong. Sehingga koper itu kita titipkan ke kloter berikutnya untuk disampaikan ke jemaah yang bersangkutan,” tutur Haryanto.

Beruntung jemaah tersebut tidak ditahan otoritas Arab Saudi. Sebab, saat itu jemaah sudah lebih dulu masuk ke dalam bus untuk diberangkatkan ke Makkah Al-Mukarramah bersama rombongannya.

“Ini salah satu bahwa ada jemaah haji yang membawa berlebihan, sehingga disita. Kalau membawanya wajar dua selop (20 bungkus) misalnya, saya rasa tidak ada masalah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Haryanto menyatakan bahwa ini merupakan temuan terbesar jemaah membawa rokok ke Tanah Suci dalam jumlah besar selama penyelenggaraan ibadah haji 2023 sejak kedatangan jemaah pertama kali ke Tanah Suci pada 24 Mei lalu. Setelah dikumpulkan, jumlah rokok yang disita mencapai dua karung besar.
×
Berita Terbaru Update