Notification

×

Iklan ok

Mahasiswa Teknik Lingkungan USM Belajar Pengolahan Air Minum dengan PDAM Tirta Mountala

Kamis, 02 November 2023 | 19.30 WIB Last Updated 2023-11-02T12:30:49Z

GEMARNEWS.COM , BANDA ACEH - Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh melaksanakan kunjungan lapangan ke PDAM Tirta Montala, Lambaro, Kamis (2/11/2023).

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan belajar langsung cara pengolahan air minum langsung dari PDAM Tirta Mountala.

Kamaruzaman, Kepala Instalasi PDAM Tirta Mountala mengajak langsung mahasiswa ke bak penangkap air baku (bak intake) dekat WTP Siron di sungai Krueng Aceh Lambaro.

Mahasiswa banyak bertanya langsung ke Kamaruzaman cara menaikkan air baku ke instalasi pengolahan air minum tersebut.

"Pada intake kita menarik air sungai krueng Aceh dengan menggunakan 3 unit pompa hisap untuk di tarik ke kanal intake, kemudian dari kanal intake kita mendistribusikan air baku ke WTP dengan menggunakan 8 unit pompa', terang Kamaruzaman.

Kamaruzaman mengajari mahasiswa bahwa pengolahan air dilakukan di WTP dengan menambahkan alum.

"WTP ini bekerja untuj pengolahan dengan ditambahkan alum untuk mengikat flok dan lumpur", terang Kamaruzaman.

Pada WTP dilakukan pendepan secara alami, dilakukan penyaringan air (filtrasi) dengan pasir dan kerikil sampai air menjadi jernih dan bersih.

Kemudian, air baru ditampung di bak resorvoar dan baru dilakukan distribusi dengan seluruh pelanggan di Aceh Besar.

Dalam kunjungan lapangan ini dipimpin oleh Ir. Vera Viena, MT sebagai ketua Prodi Teknik Lingkungan USM, Ir. Bahagia, MT dan Irda Yunita, MT sebagai pendamping mahasiswa Teknik Lingkungan USM selama kunjungan lapangan.

Turut hadir kunjungan lapangan , Wakil Dekan I FT USM, Maulinda, M.Si, Wakil Dekan III FT USM, Zulfan, MT, serta dosen FT USM ( * ) 
×
Berita Terbaru Update