Notification

×

Iklan ok

Simulasikan pada TableTop Simulation Renkon AMPLS Aceh Sukses Di Laksanakan

Kamis, 02 November 2023 | 20.11 WIB Last Updated 2023-11-02T13:11:56Z

GEMARNEWS. COMBANDA ACEH - Pelaksanaan Kegiatan TTS Renkon AMPLS bencana banjir Aceh, merupakan bagian dari penyusunan dokumen rencana kontingensi air minum, penyehatan lingkungan dan sanitasi bencana banjir tingkat provinsi aceh," 

"Selama ini, Pemerintah Aceh, Yayasan Aceh Hijau dan Unicef Aceh bersama instansi/lembaga terkait telah menyusun Renkon AMPLS Bencana Banjir Aceh yang nanti akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Peraturan Gubernur Aceh tentang Rencana Kontingensi Air Minum.

Fitriani Staf Humas PT PIM Lhokseumawe Mengatakan Bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dalam diskusi pengembangan skenario, perencanaan sektoral, karena begitu pentingnya kita dalam melakukan penyusunan Renkon AMPLS Bencana Banjir Aceh yang nantinya akan menjadi bagian dari peraturan Gubernur Aceh Tentang Kontingensi Air Minum, Ujarnya

Ia juga mengucapkan Terimakasih banyak Pemerintah Aceh, yayasan Aceh Hijau dan Unicef Aceh atas di selenggarakan Table Top Simulation Rencana Kontingensi Air Minum, Penyehatan Lingkungan dan Sanitasi Aceh, Ucapnya Fitriani Staf Humas PIM. Kamis (2/10/2023)

Sehari sebelumnya, telah dilakukan pembekalan materi, pos komando penanganan darurat bencana yang disampaikan oleh Fazli, SKM, M.Kes dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan dilanjutkan diskusi pengembangan skenario, perencanaan sektoral dan lainnya yang difasilitasi oleh Ihwan Julmi dari BPBA.

BMKG Aceh beberapa hari sebelum terjadi bencana banjir, berdasarkan pengembangan skenario pada TTS Renkon AMPLS Aceh, telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di Kabupaten Aceh Selatan dan Aceh Tamiang.

Peringatan dini dari BMKG Aceh, kemudian ditindaklanjuti oleh Kalak BPBA dengan mengadakan rapat internal dan lintas sektor sehingga berdasarkan berbagai masukan dari Instansi/Lembaga terkait di usulkan untuk tetapkan status siaga darurat bencana banjir aceh, dimana perwakilan dari instansi dan lembaga terkait melakssnakan piket siaga darurat bencana banjir di kantor BPBA.

Pokja AMPLS Aceh yang terdiri dari berbagai instansi di Pemerintah Aceh dan lembaga terkait, rapat koordinasi internal, menghitung kebutuhan dan menurunkan sumberdaya yang dimilikinya ke lokasi banjir dalam pemenuhan kebutuhan air bersih.

"TTS Renkon AMPLS Aceh yang difasilitasi Ihwan Julmi dari BPBA, berjalan dengan sukses karena sebelumnya, telah dibekali juga materi table top exercise yang disampaikan oleh Fazli, SKM, M.Kes dari BPBA," tutup Herawati. ( * ) 
×
Berita Terbaru Update